Mellennial

Cover Lagu Artis Nggak Boleh Asal Lho! Cek Aturannya Yuk!

Cover lagu orang lain bisa dibawa ke versi lain, sesuai dengan ciri khas kita masing-masing. Baik itu solo maupun grup band.

Cover Lagu Artis Nggak Boleh Asal Lho! Cek Aturannya Yuk!
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

SAAT ini, banyak banget kita temui cover lagu penyanyi terkenal oleh orang dan diunggah di Youtube. Bahkan, tak jarang lagu hasil cover lagu justru terkenal dibandingkan lagu aslinya.

Di Indonesia, ada sejumlah nama yang sering cover lagu dan banyak viewer nya. Sebut saja, keluarga Gen Halilintar, Hanin Dhiya, Ria Ricis dan lainnya.

Lalu apa sih sebenarnya cover lagu itu? Cover lagu adalah menyanyikan ulang lagu dari artis atau penyanyi terkenal dengan versi suara kita sendiri. Atau kita menyanyikan ulang lagu diiringi alat musik seperti gitar, piano atau alat musik lain sesuai gaya kita tanpa mengubah lirik serta lagu aslinya.

Dalam beberapa versi cover, bisa juga dinyayikan dalam versi karaoke alias musiknya pakai musik asli namun suara atau vokal dari lagu tersebut adalah suara kita. Meskipun terlihat simpel dan mudah, namun cover lagu ada aturannya lho!

"Cover lagu itu tidak masalah. Cover lagu sendiri itu membawakan lagu orang lain tetapi dengan cara kita sendiri. Dalam artian pembawaannya berbeda dari yang aslinya," ujar Erio, gitaris Road Roots band saat jeda performnya di Sosialite Scrib pada Selasa (23/1/2018).

Cover lagu orang lain bisa dibawa ke versi lain, sesuai dengan ciri khas kita masing-masing. Baik itu solo maupun grup band. Jadi cover lagu disesuaikan sama genre masing-masing.

Saat ingin membuat cover lagu, hal yang harus dimiliki adalah menguasai salah satu alat musik, dan sofwere yang mendukung dalam record. Agar hasil cover lebih jernih saat masuk ke dalam youtube.

Lalu, saat publish ke youtube tidak ada masalah, terus bagaimana dengan mereka yang suka upload cover lagu ke youtube?

"Cover lagu boleh saja, asalkan dicantumkan copyright. Baik itu penciptanya atau penyanyinya. Kalau bisa izin dulu, karena ada penyanyi yang cover lagu band tertentu, terus viewnya lebih banyak dari lagu asli. Jadi ya dituntut, karena youtube bayar dari hasil banyak view dan subcribe," ujar Alifardo, basis Roadroots band.

Tapi sekarang tidak perlu khawatir guys. Karena sudah ada manajemen yang mengatur youtuber Indonesia. Jadi dari manajemen tersebut yang akan mengatur mekanisme antara pemilik lagu asli dengan orang yang melakukan cover lagu.

Dan dengan ini lebih aman buat cover lagu orang lain tetapi dengan monetisasi ini, kita harus berbagai hasil dengan lagu yang kita cover.

"Intinya cover lagu itu kayak melakukan aransement musik lagu asli, tanpa mengubah lirik. Menariknya lagu cover itu karena musik diaransemen ulang. Kalau tak mau repot edit dan rekaman, sekarang banyak studio yang menerima jasa buat cover lagu," kata Alifardo.
Nah, tertarik cover lagu artis? (*)

PENTING! Perhatikan Ini Saat Ingin Cover Lagu
1. Jika hasil cover pertama kurang bagus, coba terus dan jangan menyerah.
2. Terus update musik baru. Jangan pernah malas untuk terus berkarya.
3. Buat musik unik sesuai zaman kalau ingin cepat terkenal.
4. Untuk penggunaan alat tidak perlu mahal, yang penting memadai
5. Wawasan musik harus diperbanyak. Mau solo atau band itu terserah saja
6. Jangan lupa cantumkan copyright. Tidak perlu sibuk mencari monetisasi, karena jika view dan subcribe banyak, pihak manajemen pasti cari kamu. (*)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help