Mellennial

Teknik Fotografi Ini Lagi Kekinian di Instagram Lho! Ikutan Yuk!

Dalam dunia fotografi, ternyata ada juga lho perputaran trend teknik foto yang kekinian dan nge-hits lho guys. Seperti teknik ini.

Teknik Fotografi Ini Lagi Kekinian di Instagram Lho! Ikutan Yuk!
ISTIMEWA

DALAM dunia fotografi, ternyata ada juga lho perputaran trend teknik foto yang kekinian dan nge-hits lho guys. Biasanya hasil foto yang diambil dengan teknik yang lagi tren banyak diunggah di media sosial.

Nah, bicara soal tren foto yang kekinian, sekarang ini banyak Mellennials yang lagi suka foto bokeh. Meskipun sebenarnya, dalam dunia fotografi hal ini sudah biasa. Tetapi semakin maraknya media sosial dan ingin tampil keren saat difoto, foto bokeh menjadi pilihan yang tepat untuk fokus terhadap objeknya.

"Bokeh itu berasal dari bahasa Jepang yang artinya mengaburkan. Dalam fotografi, secara teknis dikenal juga dengan istilah "blur" alias tidak jelas yang dihasilkan dari keterbatasan lensa kamera di mana cahaya yang masuk menjadi "out off focus"," kata Diantika Poppy Harun, anggota komunitas Puan Batam yang bergerak di bidang photography, Minggu (28/1/2018).

Untuk saat sekarang, menghasilkan foto bokeh sudah tidak terlalu sulit. Karena kamera DSLR atau mirrorless mudah kita jumpai, dan banyak yang sudah memilikinya.

Baca: Bau Mulut Bikin Nggak Percaya Diri? Simak Cara Mengatasinya di Sini

Baca: Tampil Simpel & Stylish Berbalut Jumpsuit

Baca: Cover Lagu Artis Nggak Boleh Asal Lho! Cek Aturannya Yuk!

Diantika mengatakan, untuk menggunakan kamera DSLR atau mirrorless, hal yang harus diperhatikan adalah penggunaan aperture atau diafragma. Kalau pengguna kamera pasti sering lihat istilah dengan angka f 1.8/2.8/4.5/5.6/11/22, dan angka ini menunjukkan besaran aperture.

"Aperture yang besar adalah yang memiliki angka kecil, makin kecil ya makin besar pula bukaannya. Setiap kamera punya batasan tertentu dengan aperture ini. Dengan begitu cahayanya akan terfocus pada satu bidang sempit aja atau object utamanya. Dan selebihnya akan terlihat kabur atau blur," ujarnya.

Dalam membuat foto bokeh, usahakan memotret dengan jarak sedekat mungkin dengan objek. Hal ini bertujuan agar kamera lebih mudah menemukan fokus pada objek utama. Selain itu berikan jarak yang jauh antara objek utama dengan background. Supaya kamera lebih mudah membedakan mana yang objek utama dan mana yang bukan.

"Jika jaraknya terlalu dekat, maka kamera akan sulit membedakannya. Dan pastinya bokehnya tidak akan terlihat bagus," ujarnya.

Poppy juga mengatakan bahwa fotografi dengan bokeh ataupun tidak tentu tetap harus mengadung estetika seni photografer. Hal ini bertujuan agar menampilkan suatu hasil yang indah. Baik itu makanan, alam, ataupun objek manusia.

"Untuk penggunaan kamera smartphone agak sulit menggunakan teknik ini, mengingat keterbatasan fitur kamera. Namun ada beberapa aplikasi yang bisa membuat photo menjadi efek blured. Jadinya lebih ke post pro alias editing," jelasnya. (*)

TIPS
Cara Mudah Hasil Foto Bokeh
1. Gunakan aperture yang besar pada kamera
2. Gunakan lensa fix. Misalnya 35 mm atau 55 mm dengan aperture yang besar
3. Tentukan jarak yang pas antara objek dan background
4. Untuk kamera yang menggunakan lensa tele atau non fix.. gunakan focal length atau panjang lensa yang paling panjang. Misal lensa kit 18-55mm, gunakan angka paling akhir yaitu 55mm. (*)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help