Berani Lepas Jilbab Saat Demo, Wanita Ini Didenda Rp 1,3 M tapi tak Sanggung Bayar. Kini . . .

Aparat Iran menangkap seorang perempuan yang dituduh melawan para ulama dengan tampil di depan umum tanpa mengenakan jilbab yang diwajibkan.

Berani Lepas Jilbab Saat Demo, Wanita Ini Didenda Rp 1,3 M tapi tak Sanggung Bayar. Kini . . .
via bbc indonesia.
Aksi Vida Movahed menaruh kerudung di ujung tongkat pada akhir Desember lalu ini (dalam gambar) ditiru Narges Hosseini dan diapun ditangkap. 

TRIBUNBATAM.ID- Aparat Iran menangkap seorang perempuan yang dituduh melawan para ulama dengan tampil di depan umum tanpa mengenakan jilbab yang diwajibkan.

Wanita tersebut bernama Narges Hosseini.

Pengacaranya, Nasrin Sotoudeh mengatakan, uang jaminan untuk pembebasan sementara kliennya ditetapkan sebesar lima miliar rial atau sekitar Rp1,3 miliar.

Uang sebesar ini jelas tidak bisa dipenuhi keluarganya.

Foto Hosseini bersama sedikitnya dua perempuan lain pada Senin (29/1/2018) menyebar secara meluas di internet dan diikuti dengan foto-foto serupa sehari kemudian walau keasliannya tidak bisa dipastikan.

Mereka meniru pose seorang perempuan yang ditahan selama beberapa pekan karena melepas kerudungnya dalam aksi unjuk rasa antipemerintah pada 27 Desember lalu, yang menyebar ke seluruh dunia.

Unjuk rasa antipemerintah di Iran tewaskan 14 orang, termasuk seorang anggota polisi
Iran.

Menurut Nasrin Sotoudeh -yang terkenal sebagai pengacara hak asasi- keluarga Hosseini mengatakan kliennya ditahan di penjara Gharchak di pinggiran Teheran.

"Mereka mengatakan merupakan keinginannya untuk ditahan dan saya diminta untuk menjadi pengacaranya. Melihat bahwa hakim tahu kondisi keuangan keluarga, penetapan uang jaminan yang besar memperlihatkan mereka ingin menahannya," jelas Sotoudeh kepada kantor berita AFP.

Halaman
12
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help