Ribuan Buruh Demo Pemo Batam Kamis Pagi. Ini Tiga Tuntutan dan Titik Kumpul Mereka

FSPMI mengatakan, pihaknya mengklaim akan mengerahkan 5 sampai 10 ribu buruh dalam aksi tersebut, kata Panglima garda Metal Suprapto

Ribuan Buruh Demo Pemo Batam Kamis Pagi. Ini Tiga Tuntutan dan Titik Kumpul Mereka
Ratusan buruh yang berdemonstrasi di Gedung Pemko Batam,beberapa waktu lalu 

TRIBUNBATAM.ID, BATAM - Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Batam, akan melakukan unjuk rasa di depan Gedung Walikota Batam, pada Kamis (1/2/2018) pagi.

FSPMI mengatakan, pihaknya mengklaim akan mengerahkan 5 sampai 10 ribu buruh dalam aksi tersebut, kata Panglima garda Metal Suprapto, Rabu (31/1/2018) malam.

Beberapa tuntutan yang akan di lontarkan saat aksi damai kali ini adalah:

Pertama, massa menuntut agar Upah Minimum Sektoral (UMS) Kota Batam tahun 2018, segera diberlakukan  oleh Pemerintah Kota Batam

Kedua, massa meminta agar Pemerintah Kota Batam ikut andil dalam mengawasi kenaikan harga pokok rumah tangga yang akhir-akhir ini di anggap makin membuat rakyat kecil menjerit. 

Ketiga, massa menuntut agar kenaikan tarif dasar listrik (TDL) sebesar 15 persen yang ditetapkan Gubernur Kepri ditarik kembali.

Suprapto mengatakan, UMS tahun 2018 untuk sektor galangan kapal, sektor industri, dan tekstil, sudah memasuki bulan kedua namun belum ada tanda-tanda akan diberlakukian.

Padahal secara berkeadilan, antara UMK dan UMS harus berbeda.

Dikatakannya, dalam orasi damai besok pagi, semua kebutuhan sudah dipersiapkan dengan matang, dan massa akan berkumpul di beberapa titik sebelum berangkat.

Baru setelah itu mereka akan melakukan long march menuju Gedung Walikota Batam.

"Titik kumpul kita di Batuampar, Tanjunguncang, dan Mukakuning," ujar Suprapto.

Suprapto menambahkan, mereka tidak akan bubar sebelum tuntutan mendapat lampu hijau yang berpihak kepada masyarakat dari Pemerintah Kota Batam.

"Kita akan damai, cuma kita meminta agar tuntutan-tuntutan kita dapat direalisasikan oleh Pemerintah. Itu saja," katanya. 

Penulis: Efendi Wardoyo
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved