Hebat! Inflasi Kota Tanjungpinang Terendah se-Sumatera! Komoditas Ini Masih Bandel Picu Kenaikan!

Inflasi Kota Tanjungpinang inflasi terendah se-Sumatera.Komoditas ini masih bandel!

Hebat! Inflasi Kota Tanjungpinang Terendah se-Sumatera! Komoditas Ini Masih Bandel Picu Kenaikan!
Tribun Batam/Argianto
Ilustrasi. Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan pemantauan harga kebutuhan hidup di sejumlah pasar 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Inflasi Kota Tanjungpinang pada Januari 2018 sebesar 0,18 persen. Nilai tersebut lebih rendah bila dibandingkan inflasi pada Januari 2017 sebesar 0,97 persen.

Inflasi Kota Tanjungpinang tersebut juga merupakan inflasi terendah se Sumatera. Di sumatera ada 23 kota Indek Harga Konsumen. Tercatat 21 kota diantaranya mengalami inflasi. Hanya 2 kota mengalami deflasi pada Januari 2018 yakni Meulaboh dan Banda Aceh.

Baca: Terungkap! Banyak Anggota Tjakrabirawa Kabur ke Thailand Jadi Biksu-Petani! Mengejutkan Alasannya!

Baca: Heboh! Harga Saham Meroket, Dalam Sekejap Kekayaan 10 Konglomerat Indonesia Ini Menggunung!

Baca: Inilah Kisah Cinta Soeharto di Masa Muda! Terungkap Beginilah Caranya Menaksir Ibu Tien!

Baca: Terungkap! Selain Suku Jawa, 3 Negara Ini Pakai Bahasa Jawa Bahasa Sehari-hari! Nomor 1-2 Keren!

"Dari 21 kota di Sumatera yang mengalami inflasi, Kota Tanjungpinang merupakan inflasi terendah," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepri Panusunan Siregar, Kamis (1/2) saat menyampaikan berita resmi statistik di Kantor BPS Kepri.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, dari 341 komoditas yang penyusun inflasi Kota Tanjungpinang, sebanyak 51 komoditas mengalami kenaikan harga dan 34 komoditas mengalami penurunan harga.

Sedangkan untuk Kota Batam sendiri, dari 21 kota yang mengalami inflasi se Sumatera pada Januari 2018, Kota Batam menepati poisi ke empat inflasi terbesar dengan jumlah inflasi 0,99 persen. Inflasi ini juga lebih tinggi dari inflasi nasional sebesar 0,62 persen.

Dari 339 komoditas yang menyusun inflasi Kota Batam, 77 komoditas mengalami kenaikan harga. Sedangkan hanya 32 komoditas mengalami penurunan harga.

Adapaun Inflasi di Kota Tanjungpinang dan Batam ini sebagian besar dipengharuhi oleh bahan makanan, kemudian, kemudian kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar, kelompok sandang, kelompok kesehatan, serta pendidikan, rekreasi dan olahraga. (*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help