Terendus 2 Kamar Ada Narkoba, Rutan Karimun Gelar Tes Urin Napi. Hasilnya Mengejutkan

Meski tengah menjalani hukuman di dalam penjara, namun para warga binaan belum tentu terbebas dari narkoba.

Terendus 2 Kamar Ada Narkoba, Rutan Karimun Gelar Tes Urin Napi. Hasilnya Mengejutkan
Tes urin di Rumah Tahanan Kelas II Karimun, Kamis (1/2/2018). 

Laporan Tribun Batam, Elhadif Putra

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Meski tengah menjalani hukuman di dalam penjara, namun para warga binaan belum tentu terbebas dari narkoba.

Hal ini dibuktikan dari hasil tes narkoba yang dilakukan pihak Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II Tanjungbalai Karimun terhadap puluhan warga binaannya, Kamis (1/2/2018).

Dari 37 warga binaan yang dicek urinnya, petugas Rutan mendapatkan sebanyak 16 orang terindikasi mengkonsumsi narkoba.

Puluhan warga binaan yang dites berasal dari dua kamar karena petugas Rutan curiga terhadap warga binaan di dua kamar itu.

"Razia rutin sering kita lakukan. Kali ini 16 warga binaan terindikasi positif narkoba," kata Kepala Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun, Eri Erawan, Kamis sore.

Atas temuan itu, pihak Rutan melakukan koordinasi dengan Satuan Reserse Narkoba Polres Karimun.

Belasan warga binaan yang positif akan diinterogasi guna mengetahui asal dan bagaimana cara mendapatkan barang haram tersebut.

"Kalau hukumannya bisa dinaikan lagi itu lebih bagus. Kita sedang menunggu kepolisian yang lebih profesional mengembangkan kasus ini. Bagaimana mereka bisa memasukkan barang dan siapa saja yang terlibat," papar Eri.

Ditegaskan Eri, jika ditemukan petugas rutan membantu meloloskan narkoba masuk ke dalam Rutan, maka pihaknya langsung menyerahkan ke aparat kepolisian.

"Kita tidak main-main soal ini. Dari awal kita sudah berkomitmen untuk perubahan, baik dari mereka sendiri (warga binaan) maupun dari jajaran di instansi kita," tegasnya.

Ditambahkannya, Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun akan terus melaksanakan razia rutin. Bahkan saat ini sudah adanya alat pendeteksi atau pengecekan urine di Rutan tersebut.

"Kita mencoba ini selalu menjadi titik nol agar jangan sampai penjara ini jadi lahan untuk mereka bebas narkoba," ungkap Eri.

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved