Mustika Rasa

Rahasia Japanese Cheese Cake Lembut dan Ngeju Banget. Simak Resepnya!

Tekstur lembut dari cheese cake sudah bisa terlihat saat memotongnya. Aroma dan gurihnya keju langsung tercium menggugah selera.

Rahasia Japanese Cheese Cake Lembut dan Ngeju Banget. Simak Resepnya!
ISTIMEWA

SEPOTONG cheese cake ditemani secangkir tea atau kopi bisa menjadi pengisi ‘me time’ yang sangat menggoda bagi para penikmat olahan bercitarasa keju. Rasanya yang ngeju banget membuat cake ini sangat diminati.

"Cheese cake ada dua jenis. Cheese cake New York yang teksturnya padat. Sedangkan Japanese cheese cake memiliki tekstur yang lembut dan seperti spons," kata Alex, owner Mini Brown Cheese Cake, Senin (5/2/2018).

Selama ini yang sering kita rasakan adalah cheese cake New York yang teksturnya padat dan biasanya enak dimakan saat dingin. Nah, kalau Japanese cheese cake tidak perlu dingin agar nikmat saat disantap. Tanpa ada pengawet, cheese cake ini bisa bertahan tiga hari di suhu ruang terbuka dan seminggu saat disimpan dalam kulkas.

"Cheese cake bisa dikombinasi dengan rasa lain. Seperti cokelat, matcha, atau rasa lainnya. Asalkan yang ingin ditambah itu memiliki rasa manis atau asam. Kalau asam bisa dari jeruk, akan memunculkan citarasa segar. Walaupun tidak terlalu dominan kejunya kayak yang original," ujar pemilik Mini Brown Cheese Cake yang terletak di Kompleks Pertokoan Mahkota Raya Blok C No 6, Batam Centre.

Tekstur lembut dari cheese cake sudah bisa terlihat saat memotongnya. Walaupun diproses dengan cara dipanggang, kelembutannya bisa terasa dari atas permukaan hingga ke bagian bawahnya. Dari beberapa potong saja, sudah tercium aroma keju dan gurihnya keju.

Jadi, apa tips agar cheese cake bisa lembut?

"Intinya dari adonan putih telurnya. Saat dimixer harus dengan kecepatan tinggi. Kalau sudah mengembang, langsung dimasukkan ke adonan lain. Dan langsung dipanggang. Kalau didiamkan nanti kempes cakenya," saran Alex yang sudah menjual cheese cake selama setahun ini.

Nah, bagi yang berminat menikmati cheese cake hasil buatan sendiri, jangan lewatkan resep Japanese Cheese Cake ala Mini Brown Cheese Cake yang dibagikan buat pembaca Tribun Batam. Selamat Mencoba! (*)

Resep Japanese Cheese Cake

Bahan:
100 gram cream cheese
100 gram butter
130 ml susu cair
60 gram tepung terigu
60 gram tepung maizena
130 gram gula
9 butir kuning telur
14 butir putih telur
1 lembar kertas roti

Cara Pembuatan:
1. Panaskan cream cheese, butter dan susu cair dengan api kecil
2. Kocok kuning telur sampai mengembang
3. Setelah cream cheese dan butter mencair, campurkan ke dalam kocokan kuning telur. Aduk hingga rata
4. Ayakkan tepung terigu dan tepung maizena ke dalam adonan, aduk hingga rata
5. Panaskan oven hingga 160 drajat. Sambil menunggu panas. Kocok putih telur hingga kaku dengan kecepatan maksimal.
6. Setelah kaku, masukan gula pasir, mixer kembali sampai kaku
6. Setelah kaku masukan ke dalam adonan tepung dan kuning telur, aduk hingga rata
7. Siapkan loyang yang sudah dilapisi dengan kertas roti. Tuang adonan ke dalamnya. Panggang kurang lebih sejam. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help