Ratusan Ribu Warga Pinang Belum Miliki e-KTP, Anggota DPRD Ini Ngotot Desak Pemko Bentuk Timsus!

Sampai saat ini data yang kita terima dari Disdukcapil sebanyak 107.563 penduduk Kota Tanjungpinang belum memiliki KTP-El

Ratusan Ribu Warga Pinang Belum Miliki e-KTP, Anggota DPRD Ini Ngotot Desak Pemko Bentuk Timsus!
Tribunnewsbatam.com/Abdul Rahman Mawazi
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang Maskur Tilawahyu meminta kepada Pejabat Walikota Tanjungpinang untuk fokus menyelesaikan masalah Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El). Karena masalah KTP-El yang di Kota Tanjungpinang sudah darurat dan serius.

"Sampai saat ini data yang kita terima dari Disdukcapil sebanyak 107.563 penduduk Kota Tanjungpinang belum memiliki KTP-El," kata Maskur, Selasa (6/2/2018).

Baca: Terungkap! Kenapa Vampir di Film Mandarin Bergerak Melompat-lompat? Mengejutkan Alasannya!

Baca: Heboh! Dulunya Model, Wanita Cantik Ini Memutuskan Menjadi Satpam! Kisahnya Bikin Penasaran!

Baca: Menyeramkan! Inilah Penjara Paling Menakutkan! Tahanan Diperlakukan Tidak Manusiawi Begini!

Baca: Heboh! Inilah 5 Mitos Unik Hewan yang Mendatangi Rumah Anda! Nomor 3 Paling Seram!

Menurutnya, jumlah tersebut terdiri dari yang belum melakukan perekeman sama sekali sebanyak 51.452 orang dan yang sudah merekam namun belum dicetak sebanyak 56.111.

Mereka yang sudah merekam namun belum dicetak, saat pilkada 2018 ini masih bisa menggunakan surat keterangan sebagai identitas sementara. Namun pada Pemilu 2019 nanti sudah tidak dibolehkan. Karena harus mempunyai fisik KTP-El.

"Ini benar-benar masalah serius. Ini masalah besar. Kita minta Walikota benar-benar serius menangani masalah ini. Terlebih walikota kan pernah menjabat Kadisdukcapil di Provinsi," katanya.

Menurutnya, DPRD sudah melakukan upaya-upaya untuk membantu menuntaskan masalah tersebut. Diantaranya dengan mendatangi Kemendagri dan bahkan mencari peminjalan alat.

"Jadi bentuklah Tim khusus untuk membantu Disdukcapil. Ambil dari OPD lain. Seperti kelurahan dan kecamatan dan lain-lain. Karena ini harus selesai di tahun ini juga," katanya.

Menurutnya, dalam waktu dekat akan ada rapat koordinasi nasional kependudukan di Batam. Oleh karena itu, dia berharap momen tersebut bisa dimanfaatkan untuk berkoordinasi menyelesaikan masalah di Kota Tanjungpinang.

"Kalau cuma mengandalkan seperti saat ini, saya yakin tidak akan selesai masalah KTP-El tahun ini. Jadi harus buat terobosan, harus dibentuk tim khusus agar bisa selesai tuntas," katanya.(*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help