MAKIN Canggih! Sistem Deteksi Penipuan Perdagangan Berjangka Indonesia Diresmikan

Mendag Enggartiasto Lukita meresmikan Sistem Pengawasan Transaksi Tunggal untuk kegiatan perdagangan berjangka Indonesia.

MAKIN Canggih! Sistem Deteksi Penipuan Perdagangan Berjangka Indonesia Diresmikan
KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERA
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat menyampaikan hasil rapat kerja Kementerian Perdagangan 2018 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (2/2/2018). 

TRIBUNBATAM.ID, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita meresmikan Sistem Pengawasan Transaksi Tunggal Sistem Perdagangan Alternatif (SPTT-SPA) untuk kegiatan perdagangan berjangka Indonesia.

SPTT-SPA merupakan salah satu sistem informasi yang dibangun Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi ( Bappebti) untuk mendeteksi secara dini adanya penipuan keuangan industri perdagangan berjangka dan derivatif di Indonesia.

SPTT-SPA akan digunakan Bappepti, Bursa Berjangka, dan Lembaga Kliring Berjangka untuk melakukan pengawasan transaksi Sistem Perdagangan Alternatif (SPA).

"SPTT-SPA ini dibuat agar tidak ada pihak yang dapat memanipulasi transaksi nasabah," kata Mendag, melalui siaran pers, Rabu (7/2/2018).

Baca: MENCEKAM! Tim Penyelamat Tetap Berjibaku Cari Korban di Gedung Miring di Tengah Gempa Susulan

Baca: WIDIH! Penumpang Ini Bugil Saat Pesawat Sedang Terbang, Alaska Airlines pun Terpaksa Putar Balik

Peresmian SPTT-SPA ini seusai diskusi umum bertemakan ‘Sinergi Industri Perdagangan Berjangka KOmoditas (PBK), Sistem Resi Gudang (SRG), dan Pasar Lelang Komoditas (PLK) di Era Perdagangan Digital dalam Mendorong pertumbuhan Ekonomi Nasional’ yang digelar di Auditorium Kemendag, Jakarta, Rabu (7/2/2018).

Pemanfaatan SPTT-SPA didasarkan pada perkembangan transaksi perdagangan berjangka yang masih didominasi transaksi SPA.

Transaksi perdagangan berjangka pada tahun 2017 sebesar 7,04 juta lot, terdiri dari transaksi SPA sebesar 5,71 Juta lot (81,09 persen) dan transaksi multilateral sebesar 1,33 Juta lot (18,91 persen).

Menurut Mendag, diharapkan dengan adanya SPTT-SPA ini dapat menciptakan integritas dalam perdagangan berjangka.

Halaman
12
Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help