Mellennial

Ini Dia Rahasia Sukses Jadi Freelancer. Ingin Tahu?

Di era media sosial seperti saat ini, berperan sebagai seorang freelancer menjadi lebih mudah.

Ini Dia Rahasia Sukses Jadi Freelancer. Ingin Tahu?
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

MENJADI seorang freelancer belakangan ini makin diminati kalangan Mellennial. Mulai berjualan online hingga mengembangkan hobi dan bakat secara freelance.

Apalagi di era media sosial seperti saat ini. Berperan sebagai seorang freelancer menjadi lebih mudah.

Meski terkesan mudah, namun untuk menjadi seorang freelancer yang sukses tak semudah yang dibayangkan lho guys. Butuh sistem tersendiri agar menjadi seorang freelancer mampu meraih sukses.

Roy Vandi Tambunan yang berprofesi sebagai seorang freelancer di bidang pariwisata mengaku mempunyai langkah sendiri agar sukses menjadi seorang freelancer.

Ia menerapkan personal branding dan tetap optimis walaupun ada hal-hal negatif yang terkadang menghampiri. Selain itu, ia juga mengutamakan percaya diri terhadap kemampuan diri sendiri dengan meningkatkan kualitas kinerjanya.

Menurutnya, untuk meraih sukses bekerja secara freelancer bisa diawali dengan skill yang kita punya dan yang kita kembangkan. Kunci suksesnya seorang freelancer karena berhubungan dengan kegiatan yang digemari atau sesuai passion masing-masing. Syarat ini penting supaya bisa enjoy dalam menjalaninya.

Bekerja sebagai freelancer juga menjadi pilihan Widi Utami, yang berprofesi sebagai MUA di Batam. "Kalau saya memang sudah hobi make up. Jadi sebagai MUA ini usaha freelance, saya bisa terus berkembang dengan hobi saja. Bekerja karena hobi enak, dan nyenengin jalaninnya," katanya.

Sementara itu, menurut Nur Vitryana, konsultan di bidang freelance dan sekaligus leader di perusahaan Riway International mengatakan, untuk menjadi seorang freelance agar bisa sukses perlu membuat target dan tujuan yang ingin dicapai. Ini agar usaha freelance lebih terarah.

"Contoh tujuan kita ingin apa. Membeli mobil, membeli rumah mewah, atau naik haji. Semua harus ada tujuan, agar kita semangat dalam menjalaninya," ujarnya.

Freelancer juga harus mempunyai target, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Jangka panjang bisa ditargetkan dalam waktu yang lama, sedangkan jangka pendek itu maksimal sebulan.

Halaman
12
Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved