KEPRI REGION

SDM dan Infrastruktur Harus Fokus, Gubernur Sentil BUMD yang Hanya Habiskan Anggaran

Jangan sampai kejadiannya berulang, BUMD ini hanya terus menghabiskan anggaran tanpa berkontribusi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah

SDM dan Infrastruktur Harus Fokus, Gubernur Sentil BUMD yang Hanya Habiskan Anggaran
Humas Pemprov Kepri
Gubernur Kepri Nurdin basirun memimpin rapat evaluasi mingguan seluruh OPD di Kantor Gubernur Dompak, Senin (12/2/2018) 

TRIBUNBATAM.ID, TANJUNGPINANG - Gubernur H Nurdin Basirun kembali menegaskan, pembangunan sumberdaya manusia dan infrastruktur harus semakin fokus.

Penyediaan infrastruktur pendidikan, kesehatan dan kebutuhan dasar terus dilakukan.

Pembangunan infrastruktur yang membutuhkan dana besar seperti pembangunan jalan, jembatan maupun pelabuhan serta taman-taman harus tepat dan mengena.

“Pembangunan seperti ini langsung menyentuh masyarakat dan tampak oleh masyarakat, itulah pembangunan yang hebat. Akan tidak tampak manfaat dan kehadiran pemerintah dalam masyarakat jika anggaran ini hanya kita gunakan untuk kegiatan yang bersifat rutin dan ini jangan berulang setiap tahun,” kata Nurdin di hadapan seluruh OPD saat evaluasi mingguan di Ruang Kerja Gubernur, Dompak Tanjungpinang, Senin (12/2/2018).

Hadir dalam rapat evaluasi itu Sekdaprov H TS Arif Fadillah, Asisten Ekonomi Pembangunan H Syamsul Bahrum, Asisten Asministrasi Umum Muhammad Hasbi, Kepala Barenlitbang Naharuddin dan para Kepala OPD.

Nurdin terus mengingatkan tiap OPD agar memanfaatkan dan membelanjakan secara optimal dana APBD.

Dana itu harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mengurangi kemiskinan di daerah.

“Uang itu harus sampai ke rakyat atau tidak, menimbulkan kesejahteraan rakyat atau tidak, ekonomi bertumbuh atau tidak, jangan sampai malah kemiskinan semakin bertambah. Jangan sampai anggaran kegiatan rutinitas kita lebih besar dibandingkan dengan anggaran pembangunan yang menyentuh langsung ke masyarakat,” kata Nurdin.

Nurdin pada kesempatan ini juga mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh Sekretaris Daerah yang segera membentuk Satgas Percepatan Pembangunan di Daerah yang bukan hanya untuk tingat Provinsi namun juga telah terbentuk di Kabupaten/Kota yang ada di Kepri.

Dalam arahannya Nurdin memerintahkan Satgas ini harus bekerja cepat dan konkrit untuk menyelesaikan sejumlah kendala dan hambatan yang mengakibatkan lambatnya proses investasi di Kepri.

Halaman
12
Penulis: Thom Limahekin
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved