Mellennial

WADUH! Ternyata Gaya Hidup Tak Sehat Picu Infertilitas

Buruknya pilihan makanan akan mempengaruhi kesuburan organ reproduksi bahkan bisa mengakibatkan mandul alias infertilitas.

WADUH! Ternyata Gaya Hidup Tak Sehat Picu Infertilitas
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

DI era saat ini, tak sedikit Mellennials yang tak terlalu peduli dengan gaya hidup sehat. Rutinitas yang serba sibuk dan mengedapankan segala sesuatu yang instant kadang membuat Mellennials abai terhadap kesehatan tubuh.

Belum lagi soal makanan, asalkan enak dan cepat, akan menjadi pilihan tanpa dipertimbangkan apakah itu sehat atau tidak.

Di masa mendatang, gaya hidup yang buruk akan memunculkan hasil yang buruk juga terutama untuk kesehatan.

Sadar gaya hidup buruk dampaknya akan terasa di masa mendatang, Mei Fang Maylani, mahasiswi salah satu universitas swasta di Batam ini mengaku mulai memperhatikan pola makan sejak muda. Termasuk mengurangi konsumsi junk food.

Nah guys, ternyata pola makan dan gaya hidup buruk nggak hanya berimbas pada penyakit jantung, hati atau pencernaan saja lho. Buruknya pilihan makanan akan mempengaruhi kesuburan organ reproduksi bahkan bisa mengakibatkan mandul alias infertilitas. Nah lho!

"Penyebab seseorang infertilitas itu karena gaya hidup. Terutama dalam makanan, sering mengonsumsi junk food itu berakibat akan terganggunya keseimbangan hormon tubuh. Dan ujung-ujungnya infertilitas," kata dr Hendry Liem, SpOG, spesialis kebidanan & kandungan di Rumah Sakit Awal Bros, Sabtu (10/2) kepada Tribun.

Tidak hanya junk food, bekerja tanpa lelah dan lembur kerja hingga larut malam, juga punya andil.

Sadar buruknya efek begadang akhirnya membuat Mulia Parna Putri, Admin Armor Collection ini memutuskan untuk mengurangi kebiasaan begadang.

Sebab, dulu hampir setiap hari, cewek ini selalu begadang. Selain karena pekerjaan, ia sudah terbiasa tidur setelah pukul 02.00 dini hari.

"Tapi saya seimbangkan dengan pola makan yang benar, olahraga teratur, dan kurangin stres. Dan biasanya suka minum yang berwarna dan berasa, sudah saya kurangi dengan sering minum air putih," ujar Mulia.

Tak hanya infertilitas, menurut dr Hendry, gaya hidup tak sehat juga bisa memicu munculnya miom sampai kista ovarium atau kista cokelat. Ini adalah manifestasi pola hidup yang kurang sehat serta adanya faktor turunan.

“Apalagi ditambah dengan semakin bertambahnya usia seseorang, maka kemampuan ovarium dalam menghasilkan sel telur jadi berkurang. Usia produktif seseorang itu maksimalnya sampai 35 tahun, dan kemungkinan untuk hamil akan berkurang," ungkap dr Hendry.

Dan infertilitas bisa menyerang laki-laki dan perempuan. Tetapi untuk wanita lebih kompleks dibandingkan laki-laki. Dokter pun juga menyarankan untuk mengurangi rokok, minuman beralkohol, dan kurangi tingkat stres juga.

Atau kamu juga bisa ikut pola hidup dari Mira Ervna, karyawati dFour Coffee Café yang mengaku selalu menjaga kesehatan dengan konsumsi buah dan sayur, banyak minum air putih, berolahraga hingga istirahat yang cukup. (*)

TIPS Sukses Biasakan Hidup Sehat
1. Mulai mengurangi junk food. Perbanyak makan sayur, buah dan minum air putih.
2. Kurangi begadang dan stres. Hindari merokok, dan minum-minuman beralkohol.
3. Jika merasa ada kondisi yang menyimpang, jangan lupa untuk konsultasi ke dokter kandungan. (ani)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help