Motion

Ngobrol dengan Dialek 'E', Anggota Komunitas Ini Serasa Tinggal di Kampung Halaman

Tujuan komunitas ini untuk menjalin tali silaturahmi dan menyatukan persaudaraan pemuda-pemudi dari Sumatera Selatan.

Ngobrol dengan Dialek 'E', Anggota Komunitas Ini Serasa Tinggal di Kampung Halaman
ISTIMEWA

Laporan Wartawan : Roma Uly Sianturi

RASA solidaritas sesama perantau biasanya lebih erat saat berada di daerah perantauan. Hal itu lah yang dirasakan warga yang berasal dari Kabupaten Pagar Alam, Kabupaten Lahat, dan Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Bersatu di bawah bendera komunitas IKPLM alias Ikatan Keluarga Pagar Alam Lahat Muara Enim, komunitas ini berada di bawah naungan Ikatan Keluarga Besar Sumatera Selatan (IKBSS) kota Batam.

"Komunitas ini didirikan oleh Heriyadi, atau biasa dipanggil Yadiust. Berdirinya sejak 3 Agustus 2017," ujar Humas IKPLM, Efta Candra kepada Tribun, Rabu (9/2/2018)

Candra mengatakan, tujuan IKPLM ini untuk menjalin tali silaturahmi dan menyatukan persaudaraan pemuda-pemudi dari daerah Sumatera Selatan. Hampir sebagian besar anggota menggunakan bahasa Melayu klasik dialeg "E".

"Jadi umumnya ngomong di belakang pake E. Walaupun tak semuanya sih. Jadi kalau dengar begitu saya berasa di kampung halaman," kata Candra.

Ia menambahkan, setelah berdirinya IKPLM, selanjutnya pendiri mengadakan pertemuan perdana untuk menyatukan satu daerah di tanah Bunde Melayu di Kepulauan Riau. Dari yang semula anggotanya hanya beberapa orang saja, sekarang sampai ratusan.

"Nggak nyangka saja. Dari kecil hingga seperti sekarang komunitasnya," katanya.

Dengan visi yaitu menjadi generasi muda yang bergerak atas prinsip kepedulian sosial dengan beragam suku, agama dan budaya.

Dan beberapa misinya adalah menjalin tali silaturahmi, peduli terhadap lingkungan sosial masyarakat, mewujudkan kerukunan dan persatuan serta membawa nama baik dan mengharumkan persatuan IKPLM.

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved