Mellennial

Serunya Ikut Supercamp, Bisa Belajar Jadi Pengusaha. Simak Triknya di Sini

Dalam kegiatan supercamp, Mellennials akan mendapatkan pendidikan, keterampilan dan biasanya teman dan pengalaman baru.

Serunya Ikut Supercamp, Bisa Belajar Jadi Pengusaha. Simak Triknya di Sini
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

BANYAK yang bisa dilakukan untuk mengetahui potensi yang ada dalam diri. Dan salah satunya adalah kegiatan supercamp. Dalam kegiatan supercamp, Mellennials akan mendapatkan pendidikan, keterampilan dan biasanya teman dan pengalaman baru.

Robby, siswa kelas 12 RPL 3 di SMKN 4 Batam dan beberapa teman lainnya adalah satu di antara peserta kegiatan supercamp Yatim Mandiri di Kampus Karya Anak Bangsa. Baginya acara supercamp ini memberikan pengalaman, teman, dan wawasan baru. Bukan itu aja, supercamp juga sekaligus meningkatkan kerja sama dan jiwa sosial.

Dan hal yang sama juga diungkapkan oleh Dela Safitri, siswa kelas 12 Multimedia di SMKN 4 Batam, dengan mengikuti supercamp, dia dapat banyak teman dan pengalaman yang tidak terlupakan.

"Di sini juga belajar lebih berani, dan dapat wawasan juga. Karena saya ingin jadi pengusaha yang punya butik, dan mengerti trend-trend terbaru sekarang," ujarnya.

Sementara Budi, siswa kelas 11 teknik permesinan di SMKN 6 Batam dan Andre Arsyaf, siswa kelas 12 IPA 2 di MAN Batam kompak mengatakan bahwa supercamp dapat menambah wawasan, sekaligus melatih jiwa kepemimpinan.

Dan bagi Vina kelas 12 Teknik Komputer Jaringan di SMKN 3 Batam ini sangat mengharapkan agar supercamp dapat membuatnya lebih mandiri, dan lebih mengerti mengenai kepemimpinan. Karena ia mempunyai cita-cita ingin menjadi pengusaha dan atlet Tarung Drajat.

Irham selaku staf program dari kegiatan supercamp Yatim Mandiri juga memperjelas tujuan dari adanya camp memanglah untuk melatih generasi melllennial dalam mengembangkan potensinya, agar saat setelah selesai bersekolah, mereka langsung memiliki arah dan tujuan masing-masing.

"Supercamp dengan tema entrepreneur sangat baik, karena mereka dilatih untuk menjadi seorang pengusaha, menjadi pemimpin juga, dan belajar mandiri, kalaupun ia akan bekerja, pekerjaan itu harus sesuai bidangnya," kata Irham, Jumat (16/2).

Supercamp menjadi pintu masuk ke jenjang yang lebih tinggi yaitu jenjang sebagai mahasiswa. Dari supercamp inilah akan terlihat bakat dan potensi dari setiap masing-masing anak.

"Karena berhubungan dengan entrepreneur, maka narasumber juga harus yang berhubungan dengan itu. Dan dalam camp itu dua hari satu malam, satu harinya teori, besoknya praktek yang berhubungan dengan wirausaha," katanya.

Selain teori, hal yang perlu dilakukan adalah praktek. Sesuai dengan tema yang diangkat adalah menjadi seorang wirausaha, maka peserta akan belajar menjadi seorang wirausaha yang baik, dengan perilaku yang baik pula. Dan dari adanya camp, mental menjadi seorang pengusaha harus dibentuk sejak dini.

So guys, mengikuti supercamp tidak seharusnya membosankan kalau kamu bisa ambil sisi positif darinya. Dari ikut supercamp ini, kamu bisa belajar banyak hal. Seperti mandiri, bijaksana, cerdas, dan menjadi seorang pemimpin. Dan bagi yang kelas 12, tentu akan lebih terarah untuk melanjutkan pendidikan atau bekerja. (*)

Tips Mengikuti Supercamp Entrepreneur
1. Mengikuti camp bukan karena ajakan teman tetapi memang niat ingin belajar
2. Catat materi penting yang diberikan oleh narasumber
3. Usahakan aktif dalam kelompok, aktif bertanya, aktif juga dalam mengutarakan pendapat
4. Jadilah pribadi yang terbuka, karena kamu akan mempunyai teman baru setelahnya
5. Lakukan rancangan dengan matang, agar hasil camp tidak berjalan sia-sia
6. Terus tingkatkan silaturahmi dengan sesama anggota camp, begitu juga dengan mentor-mentornya. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help