Hantaman Topan Gita sampai Selandia Baru, Jalan Utama Tertutup dan Sekitar 1.000 Turis Terjebak

Sebuah destinasi wisata di wilayah terpencil, Pulau Selatan Selandia Baru telah dilanda lonsor dan jalan utama ke daerah tersebut tertutup.

Hantaman Topan Gita sampai Selandia Baru, Jalan Utama Tertutup dan Sekitar 1.000 Turis Terjebak
channel news asia
Topan Gita menghajar negara Pasifik Selatan, seperti Tonga dan Samoa, juga beberapa wilayah selatan Selandia Baru. 

TRIBUNBATAM.ID, SELANDIA BARU- Sebuah destinasi wisata di wilayah terpencil, Pulau Selatan Selandia Baru telah dilanda lonsor dan jalan utama ke daerah tersebut tertutup.

Akibat bencana tersebut, sekitar 1.000 turis terdampar di Golden Bay di Selandia Baru pada hari ini, Rabu (21/2/2018).

Bencana diakibatkan oleh terjangan Topan Gita yang menghajar negara Pasifik Selatan, seperti Tonga dan Samoa, juga beberapa wilayah selatan Selandia Baru.

Dikutip dari Channel NewsAsia, pihak berwenang berencana akan mengirim feri untuk menolong para korban di kawasan terpencil tersebut.

Di tempat lain, badai Topan Gita juga meluluh lantakkan puluhan ribu rumah dan menumbangkan pohon.

Topan Gita telah menyebabkan kerusakan yang cukup hebat di Tonga dan Samoa minggu lalu. Topan itu kemudian dilabeli sebagai badai topan kategori lima besar dunia.

Meskipun intensitas badai telah menurun, tetapi tetap muncul dan telah mencapai daerah Selandia Baru dalam semalam. Kecepatan angin berkisar 140 km dan curah hujan sekitar 200 mm.

Baca: Status Darurat Negeri Paling Eksotis di Dunia Maladewa Diperpanjang, Wisman pun Batal Datang

Baca: Para Korban Pesawat Nahas yang Tabrak Gunung di Iran Pekan Lalu Belum Juga Selesai Dievakuasi

Tujuh daerah Selandia Baru di bagian selatan, termasuk kota utama Christchurch, mengumumkan keadaan darurat pada hari Selasa kemarin karena situasinya yang memang buruk.

Hari ini, cuaca dilaporkan membaik. Pulau Selatan merupakan daerah yang paling parah terkena dampak topan.

Topan Gita menghajar negara Pasifik Selatan, seperti Tonga dan Samoa, juga beberapa wilayah selatan Selandia Baru.
Topan Gita menghajar negara Pasifik Selatan, seperti Tonga dan Samoa, juga beberapa wilayah selatan Selandia Baru. (channel news asia)

Walikota setempat Richard Kempthorne mengatakan semua opsi transportasi akan dipertimbangkan jika akses jalan ke Golden Bay tidak dapat dipulihkan dengan cepat.

"Ferry dan tongkang  akan dikerahkan untuk evakuasi korban selain transportasi udara. Kita memiliki populasi 5.000 orang yang perlu makan dan kita punya turis," katanya.

"Mungkin ada ratusan jika tidak lebih dari 1.000 orang di sana saat ini yang mungkin ingin pergi dan melanjutkan perjalanan mereka."

Petugas cuaca MetService mengatakan bahwa badai tersebut telah bergerak ke arah selatan Christchurch pada tengah hari, Rabu ini. (Channel NewsAsia)

Penulis: Sri Murni
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved