PWI dan AJI Apresiasi Dirpam BP Batam Cabut Laporan Polisi

Tindakan yang tepat untuk menyelesaikan kasus pers memang menggunakan UU Pers yang artinya mengadukan masalah ini ke Dewan Pers

PWI dan AJI Apresiasi Dirpam BP Batam Cabut Laporan Polisi
tribun batam
Direktur Pengamanan (Dirpam) BP Batam, Brigjen Pol Suherman (kanan) menggelar konferensi pers terkait pencabutan laporan terhadap seorang wartawan media online di Batam, Rabu (21/2/2018). 

TRIBUNBATAM.ID, BATAM - Langkah Direktur Pengamanan Badan Pengusahaan (BP) Batam Brigjen Pol Suherman mencabut pelaporan terhadap wartawan salah satu media online, dinilai positif.

Sekjen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Hendry CH Bangun mengatakan langkah itu perlu ditiru oleh pejabat lain yang memiliki permasalahan terkait pemberitaan.

“Bagus. Tindakan yang tepat untuk menyelesaikan kasus pers memang menggunakan UU Pers yang artinya mengadukan masalah ini ke Dewan Pers. Setiap pejabat diharapkan mengikuti jejak ini," kata dia, Rabu (21/2/2018).

Baca: Dirpam BP Batam Resmi Cabut Laporan Polisi atas Oknum Wartawan Online dan Pilih Jalur Dewan Pers

Baca: Uba Ingan Sigalingging: Keputusan Direktur Ditpam BP Batam Cabut Laporan Langkah Bijak

Apresiasi positif juga disampaikan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Batam. Melalui Koordinator Advokasi, Slamet Widodo, AJI Batam menyatakan langkah itu sudah tepat dilakukan Suherman apalagi didasarkan atas penghormatan dan kepatuhan terhadap UU Pers.

AJI Batam juga mengimbau kepada semua pihak apabila bersengketa dengan media massa bisa menggunakan langkah-langkah sesuai Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Yakni, memberikan klarifikasi, hak jawab dan somasi atau membawa persoalan ke Dewan Pers, karena langkah ini lebih elegan dan sesuai aturan.

Sebaliknya, juga mengimbau semua insan jurnalis agar mengedepankan kode etika dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

Baca: VIDEO. Keseruan Finalis Duta BP Batam Nikmati Wahana Wisata Sea Forest Nuvasa Bay

Baca: BP Batam Bahas Soal Kampung Tua Tanjung Buntung di DPRD. Ini Kata Kepala BP Batam

Sebelumnya, Suherman menggelar konferensi pers untuk menyampaikan peencabutan laporan dirinya ke polisi terhadap seorang wartawan media online di Batam.

Pencabutan laporan terkait pemberitaan itu dilakukan Suherman untuk menghormati UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Dia sudah menyampaikan masalah itu ke Dewan pers.

Namun, Suherman menegaskan tidak menerima atas tuduhan seperti yang dituliskan wartawan media online tersebut. "Saya tidak terima di dalam berita itu ditulis Dirpam bukan Ditpam (Direktorat Pengamanan). Namun di tengah jalan judul itu berubah menjadi Ditpam. Karena di Indonesia cuma satu Dirpam. Bagaimana pun saya mengikuti aturan main dan mengacu pada UU Pers," katanya. (*)

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: dwie sudarlan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help