Mellennial

Personal Branding di Media Sosial, Penting Lho! Simak 6 Rahasia Suksesnya

Personal branding merupakan persepsi orang lain terhadap diri seseorang yang dibangun dalam diri orang tersebut.

Personal Branding di Media Sosial, Penting Lho! Simak 6 Rahasia Suksesnya
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

GUYS, pernahkah kalian mendengar istilah personal branding dalam membangun karier? Meski hampir mirip dengan pencitraan, tetapi ternyata keduanya berbeda lho.

Personal branding merupakan persepsi orang lain terhadap diri seseorang yang berkaitan dengan kepribadian, kemampuan, prestasi yang dibangun dalam diri orang tersebut. Personal branding bisa dikatakan citra diri seseorang.

"Pencitraan itu sesuatu yang dipaksakan. Sementara personal branding membangun karakter di media sosial untuk membangun kepercayaan publik," kata Ammar Satria BaCM MSc, Dosen Animasi Politeknik dan Dosen Entrepneurship & Leadership di Universitas International Batam.

Personal branding berhubungan dengan cara kita berkomunikasi di media sosial, tujuannya untuk membangun kepercayaan publik dalam menjalin komunikasi. Dan Mellennials yang melakukan personal branding berarti memperkuat karakternya sendiri.

"Personal branding akan disampaikan sesuai opininya. Seperti story telling, dalam bentuk video, hingga foto," ujar Ammar.

Penggunaan media sosial dalam membranding diri bisa dilihat pula dari sarana yang digunakan. Untuk facebook biasanya untuk usia 30 hingga 50 tahun, instagram 18 hingga 25 tahun, dan linked in untuk mereka yang mem-branding diri dalam hal profesional, biasanya adalah orang-orang yang senang dengan berbisnis.

"Setiap orang yang mem-branding dirinya harus siap juga menjadi publik figur. Personal branding ini bisa disebut dengan marketing juga. Jadi mereka lakukan secara terencana. Jadi mereka harus konsisten dengan apa yang sudah menjadi karakter dirinya," ujarnya.

Pentingnya memanfaatkan media sosial untuk personal branding juga dirasakan Kurnia. Mahasiswa manajemen Universitas Ibnu Sina ini mengatakan bahwa personal branding menggunakan medsos sangat efektif terutama untuk membangun citra diri.

"Siapa sih yang setiap harinya nggak bergantung sama teknologi atau medsos? Pasti semuanya menikmatinya setiap hari," ujarnya.

Begitu juga dengan Argarissa, mahasiswa semester dua jurusan komunikasi di Universitas Negeri Batam. Cewek ini mengakui jika seseorang akan lebih terbantu menunjukan siapa dirinya sesuai kemampuannya melalui media sosial.

"Personal branding itu kan ibarat kesuksesan datang dari diri kemasan, yang dimaksud dengan kemasan itu adalah diri kita, penampilan fisik, besarnya ilmu pengetahuan kita," ungkapnya.

Sedangkan menurut Lola Angelo, mahasiswa di Politeknik Negeri Batam, melalui personal branding, seseorang akan mendapatkan penghormatan dari netizen, saat berjualan barang yang dijual akan disenangi banyak orang.

Kunci pembentukan personal branding adalah konsisten dengan tiap upaya pembentukan branding tersebut. Misalnya ingin menjadi seorang beauty vlogger, tentu harus tekun update soal make up dan yang berhubungan dengan beauty vlogger.

Nah, masih penasaran? Simak yuk sejumlah tips yang bisa kamu coba untuk mem-branding diri. (*)

Enam Rahasia Sukses Personal Branding
1. Mempunyai sesuatu yang unik
Melakukan personal branding tentu harus mempunyai karakter dan harus unik. Agar mudah diingat oleh semua orang
2. Konsisten
Konsisten dengan yang dilakukan dari awal sampai akhir
3. Jujur apa adanya
4. Memahami audiens/followers/ komunitas ingin sesuatu yang seperti apa
5. Riset (dalam mengenali diri)
Mengenali diri dengan melihat respon dan audiens.
6. Tanggap atau respon saat netizen memberikan pertanyaan atau komentar. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved