Motion

Tak Sekadar Hobi, Anggota Komunitas Ini Hasilkan Uang Ratusan Juta Rupiah Lho!

Tak hanya menghabiskan waktu untuk melakukan hobi dan kesenangan, anggota komunitas ini mampu menghasilkan ratusan juta rupiah.

Tak Sekadar Hobi, Anggota Komunitas Ini Hasilkan Uang Ratusan Juta Rupiah Lho!
ISTIMEWA

KICAUAN burung kerap dijadikan media relaksasi dan menghilangkan rasa stres. Apalagi, kicauan burung juga memunculkan kesan nyaman di sekitarnya.

Itulah kenapa, burung kicau banyak dipelihara. Selain karena suaranya, keunikan jenis burung kicau menjadi daya tarik para pecinta burung kicauan ini. Belum lagi, harga burung kicau cukup menjanjikan yang jika ditekuni bisa jadi sumber penghasilan sekaligus melampiaskan hobi.

Komunitas Kicau Mania Tanjungpinang (KMT) Tanjungpinang, misalnya. Komunitas ini berisi penggemar burung kicau di Tanjungpinang dan dijadikan wadah berekspresi sambil menyalurkan hobi.

Arya Nova Paduka merupakan penggagas KMT Tanjungpinang. Ia bersama rekan anggota KMT lainnya nampak serius dalam menekuni hobi burung kicau. Saat ini, anggota KMT yang bergabung sudah mencapai ratusan orang.

"Ada ratusan anggota KMT. Komunitas ini sifatnya sebagai wadah informasi pecinta burung baik lewat media sosial maupun dalam pertemuan langsung. Bisa dalam bentuk latihan berhadiah, latihan berprestasi. Jumlah anggota kita bisa mencapai ratusan bahkan ribuan mungkin," kata Arya Nova Paduka ditemui di rumahnya, Minggu (25/2).

Arya sendiri bukan pemain baru dalam dunia burung. Ia sudah menggeluti bisnis ini sejak 30 tahun lalu. Di Tanjungpinang sendiri sejak tahun 2005, ia terjun sebagai perantau dari Kota Padang meramaikan para penghobi burung kicauan. Perlahan pun upaya ia dan kawan-kawan komunitas membuahkan hasil.

"Hobi ini hobi positif. Yang tentunya sangat dinanti karena antusias masyarakat Tanjungpinang yang begitu besar. Terlebih lagi, sejak masuknya era media sosial kita tak perlu susah payah mengumpulkan penghobi burung," kata Arya.

Dalam setiap kesempatan, setidaknya seminggu dua kali latihan berhadiah dan latihan prestasi digelar KMT Tanjungpinang. Aneka jenis burung diadu untuk bernyanyi. Bukan sedikit, peserta bisa capai 200 orang yang ikut bergabung. Sementara untuk latihan prestasi yang biasanya digelar satu minggu sekali ini, dapat mengumpulkan setidaknya lebih dari 500 orang.

"Mereka mengikuti latihan yang berhadiah. Selain itu juga nanti dalam setahun mungkin tiga kali ada event berskala besar yang memperebutkan piala. Seperti piala Kapolda, Kapolres dan kejuaraan lomba lainnya. Beberapa jenis burung seperti Love Bird, Kenari, Kacer , Murai Batu, Kolibri hingga Mata Putih dipertandingkan dengan kelasnya masing-masing sesuai kategori," katanya. (*)

Bisa Hasilkan Ratusan Juta Rupiah

Halaman
123
Penulis: Wahib Wafa
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help