PEJABAT Australia Habiskan Anggaran Rp 1,8 Juta Sehari Hanya untuk Makan, Perawat Lansia Protes

Para perawat lansia di Australia mengajukan protes dan mendesak perbuahan sistem pelayanan untuk para lansia di negeri itu.

PEJABAT Australia Habiskan Anggaran Rp 1,8 Juta Sehari Hanya untuk Makan, Perawat Lansia Protes
Istimewa
ilustrasi senam sehat lansia 

TRIBUNBATAM.id, CANBERRA - Para perawat orang lanjut usia (lansia) di Australia mengajukan protes dan mendesak perbuahan sistem pelayanan untuk para lansia di negeri itu.

Aksi protes ini dilakukan setelah terungkap bahwa biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk makan tiap lansia di panti- panti jompo hanya sekitar 6 dolar Australia atau Rp 60.000 sehari.

Sementara, para politisi dan pejabat negara bisa menghabiskan uang negara untuk makan dan akomodasi hingga 181 dolar Australia atau sekitar Rp 1,8 juta sehari.

Fakta ini dibeberkan Federasi Perawat Australia yang menyebut fakta tersebut sebagai hal yang amat memalukan.

Baca: Pengusaha Malaysia Kecam Kapal Pesiarnya Seharga Rp 23 Triliun Ditahan Polri di Bali

Baca: VIDEO, Bocah 4 Tahun Alami Kelumpuhan Kaki Usai Lakukan Gerakan Yoga yang Membahayakan

"Sistem pelayanan warga lanjut usia negeri ini sudah diabaikan pemerintah terlalu lama. Bergabunglah dengan kami untuk memperbaikinya," demikian ajakan yang dicantumkan dalam akun Facebook federasi itu.

Berdasarkan Undang-undang Hak Anggota Parlemen 1990, akomodasi dan uang makan para pejabat politik Australia ditanggung pajak.

Para politisi bisa mengklaim hingga 181 dolar Australia utuk makan dan keperluan "mendadak" lainnya tergantung lokasi tempat tinggal mereka.

"Di saat biaya akomodasi terjangkau, maka ongkos perjalanan bisa dialihkan menjadi uang makan dan biaya tak terduga dengan batas maksimal 181 dolar sehari," demikian isi undang-undang itu.

Baca: LAGI, Penembakan di Sekolah AS. Guru Favorit Kunci Pintu Kelas dan Mulai Menembaki

Di sisi lain, rumah-rumah jompo di Australia kekurangan staf dan di bawah aturan yang ada membuat para penghuni panti hanya mendapatkan makanan ala kadarnya.

Sebuah studi yang digelar Universitas Bond mengungkap bahwa rata-rata biaya makan untuk para orang jompo ini adalah 6,08 dolar atau kurang lebih Rp 60.000 setahun. (kompas.com)

Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved