Milenial

Sebelum Terlambat Kenali Gejala Kanker Payudara, Yuk!

Bagi wanita, selain kanker serviks, kanker payudara adalah silent killer kedua yang sangat ditakuti kaum hawa.

Sebelum Terlambat Kenali Gejala Kanker Payudara, Yuk!
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

TEPAT 28 Februari kemarin, masyarakat Indonesia memperingati hari kanker Nasional. Tentu hal ini kembali mengingatkan kita mengenai bahayanya kanker dan mengingatkan pentingnya menjaga pola hidup sehat.

Bagi wanita, selain kanker serviks, kanker payudara adalah silent killer kedua yang sangat ditakuti kaum hawa. Bahkan, tidak hanya menyerang para cewek, kanker payudara juga bisa menyerang cowok. Serem kan?

Mell Queen, owner Mell Queen Pelaminan mengaku sudah mengetahui bahaya kanker payudara dan juga tahu jika kanker ini juga bisa menyerang laki-laki. Namun, sejauh ini yang dia tahu kanker payudara lebih banyak menyerang wanita dibandingkan pria.

Lantas, seberapa jauh sih Mellennials memahami apa itu kanker payudara?

Eka Dewi Handayani, karyawan swasta di Batam mengungkapkan, yang dia tahu tentang kanker payudara adalah adanya benjolan di sekitar payudara. Untuk mencegahnya adalah dengan mengurangi makan junk food dan rajin dalam berolahraga.

"Kanker payudara bisa terjadi karena faktor genetik dan bisa juga dipicu faktor gaya hidup tidak sehat. Dalam tubuh sudah ada sel kanker tetapi tergantung dari kita mengenai pola hidupnya," kata Mustakim, Kepala Cabang Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia.

Gaya hidup tak sehat tersebut antara lain, jadi perokok aktif maupun pasif, asap polusi, dan yang paling berbahaya adalah makanan. Terutama makanan yang mengandung pengawet.

"Dari hasi survei kami, salah satu faktor yang tidak bisa dihindari adalah makanan berpengawet. Karena saat makan di luar kita tidak tahu makanan tersebut pakai pengawet atau tidak. Jika pengawet masuk dalam tubuh, lama kelamaan organ dalam tubuh bisa rusak," ujarnya.

Ciri-ciri yang biasa ditemukan sebagai gejala kanker payudara adalah adanya benjolan di sekitar payudara, timbulnya bintilan atau kutil, lalu rasa gatal yang sangat tidak bisa dikontrol. Saat hal ini terjadi, sangat disarankan untuk segera kontrol ya guys!

"Ada cara yang bisa kita lakukan untuk cek kanker payudara atau tidak dengan cara angkat tangkan ke atas lalu sentuh telinga berlawanan dari tangan yang di atas. Oleskan sekitar payudara dengan minyak atau krim. Setelah itu, raba secara perlahan, apakah ada benjolan atau tidak," jelas Mustakim.

Pencegahan tentu lebih baik daripada mengobati. Apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker payudara?

Thami Anggraini, leader agency SPG di Batam mengaku melakukan beberapa cara untuk mencegahnya. Misalnya tidak menggunakan bra saat tidur dan rutin memijat payudaranya saat mandi.

Sementara Vivi, mahasiswa semester enam jurusan hukum Universitas International Batam mencoba mencegah kanker payudara dengan makan makanan yang sehat dan jika dirasanya teridentifikasi, maka akan ia konsultasikan ke dokter ahlinya.

Nah guys, saatnya peduli dengan kesehatan dan mulai menjalankan gaya hidup sehat. (*)

Tips Mencegah Kanker Payudara
1. Mengatur pola gaya hidup yang sehat. Dengan menghindari asap rokok, berolahraga, tidak minum minuman beralkohol
2. Menjaga pola makan, terutama mengutamakan makan sayur dan buah-buahan
3. Bahan alami yang biasa digunakan untuk mencegah adalah dengan buah sirsak, keladi tikus, atau temu putih.
4. Konsultasi ke dokter, jika terdapat keluhan-keluhan. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved