Mellennial

Bingung Bedakan Jam Ori dan Palsu? Baca Dulu 4 Tips Penting Berikut Ini

Beredarnya jam tangan secara luas di berbagai tempat akhirnya membuat kita bingung membedakan jam tangan original dengan yang tidak.

Bingung Bedakan Jam Ori dan Palsu? Baca Dulu 4 Tips Penting Berikut Ini
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

JAM tangan tidak hanya bisa diandalkan sebagai pengingat waktu, tetapi juga menjadi aksesoris pelengkap penampilan baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Apalagi, sekarang ini banyak banget pilihan model dan merek jam yang bisa jadi pilihan. Sayangnya, belakangan makin banyak jam tangan palsu yang dibuat mirip dengan jam tangan original alias asli.

Beredarnya jam tangan secara luas di berbagai tempat akhirnya membuat kita bingung membedakan jam tangan original dengan yang tidak.

Hal itu diakui Rizky Uswatun. Mahasiswi Unrika jurusan pendidikan Bahasa Inggris semester enam ini mengatakan sekilas memang sedikit sulit membedakan jam original dengan tidak. Tetapi saat diamati dan dipegang, ia akan bisa melihat perbedaannya.

Maraknya jam palsu yang menjiplak jam-jam bermerek dunia, membuat seseorang harus pintar-pintar mengakalinya. Seperti yang dilakukan Hima Sela Wulansari. Mahasiswi Universitas Terbuka jurusan ilmu pemerintahan semester enam ini lebih memilih merek jam yang tidak sering dijiplak originalitasnya. Seperti jam Alexander Chirstie.

Cara lain yang bisa ditiru adalah cara Dewi Arimbi. Female Presenter PT Gudang Garam ini mengaku harus benar-benar detail melihat keaslian sebuah jam. Karena baginya, jam tangan adalah sebuah aset.

"Mulai cek fisik, cek tulisan pada jam, cek nomor seri, dan yang pasti cek mesinnya karena itu paling berpengaruh dalam original jam atau tidak," katanya.

Saran tersebut juga disampaikan Putra Gulo, sales Mahkota Watch, Kepri Mall. Pria tersebut mengatakan bahwa keaslian sebuah jam bisa terlihat dari nomor seri yang ada pada jam tersebut. Setiap jam yang ori, akan mempunyai nomor seri tertentu yang berada di belakang jamnya.

"Dari nomor kita bisa lihat, apakah jam itu langsung keluar di internet atau tidak. Kalau ori nanti ada keluar di internet. Bahkan dengan harganya sekalian," katanya Kamis (1/3).

Pengenalan bahan juga penting. Jam ori biasanya menggunakan bahan stainless yang kokoh, tidak mudah berkarat juga mempunyai ukuran cukup berat.

Halaman
12
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help