BP3TKI: 27 TKI Ilegal Tangkapan Kodim Bintan Segera Dipulangkan! Bagaimana Tekongnya?

Kepulangan mereka ditangani Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Tanjungpinang di bawah koordinasi BNP2TKI

BP3TKI: 27 TKI Ilegal Tangkapan Kodim Bintan Segera Dipulangkan! Bagaimana Tekongnya?
Puluhan TKI yang diamankan Kodim 0315 Bintan di Teluk Baku, Jumat (2/3/2018) malam 

TRIBUNBATAM.id, BINTAN-Sedikitnya 27 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang diamankan Kodim 0315 Bintan di pelabuhan tikus Desa Teluk Bakau Kecamatam Gunung Kijang pada Jumat lalu bakal cepat dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

Kepulangan mereka ditangani Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Tanjungpinang di bawah koordinasi BNP2TKI.

Baca: Kasus Narkoba, Polres Tanjungpinang Amankan 4 Orang! Seorang Pelaku Berstatus PNS Satpol PP!

Baca: Namanya Barisan Terate! Inilah Pengawal Paling Kontroversial Soekarno-Hatta Selama di Yogya!

Baca: Asyik! Maret Ini Sudah Bisa Pesan Tiket Kereta Api buat Mudik Lebaran! Ini Tanggalnya!

Kepala BP3TKI Tanjungpinang Kombes Pol Ahmad Ramadan kepada Tribun Batam.id, Senin (5/3/2018) mengatakan, penyerahan TKI ilegal yang pengiriman mereka ke negara tetangga digagalkan Kodim 0315 sudah dilakukan pada Senin pagi lebih kurang pukul 09.00 WIB.

"Senin, tanggal 5 Maret 2018, pukul 09.00, kami menerima penyerahan TKI atau PMI, pekerja migran non prosedural dari Kodim 0315 Bintan sebanyak 27 orang dengan rincian 21 orang dari NTB, 1 dari NTT, 2 dari Aceh dan 1 dari Tanjungpinang," kata Ahmad Ramadan.

Disampaikan Ramadan, 27 orang tersebut diterima langsung BP3TKI karena memang mereka adalah pekerja non prosedural yang tidak memiliki dokumen keimigrasian juga tidak memiliki dokumen ketenagakerjaan.

"Mereka diamankan Kodim karena nekat, saya bilang nekat karena mereka berangkat melalui pelabuhan tikus secara ilegal. Dan kapal yang dipakai untuk membawa mereka pun adapah kapal ilegal,"kata Ahmad Ramadan.

Ada yang sangat disayangkan BP3TKI dari penyerahan 27 TKI ilegal oleh Kodim 0315 Bintan. Yakni pelaku penyelundupan para TKI tidak tertangkap karena melarikan diri saat pengungkapan lalu.

Bagi BP3TKI, bila turut menangkap pelaku penyelundupan akan sangat besar artinya bagi penindakan dan pencegaham praktik praktik penyelundupan orang ke negara tetangga.

Terkait pemulangan TKI, BP3TKI memastiakan mereka akan cepat dipulangkan segera ke kampung halaman masing masing.

"Mereka akan segera kami pulangkan. Lalau besok (Selasa) dapat tiket pesawat, maka Selasa juga kami pulangkan. Ya paling lambat lusa (Rabu),"kata Ahmad Ramadan.(*)

Tags
BP3TKI
Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help