Motion

Tak Ingin Tergerus Zaman, Komunitas Ini Kenalkan Budaya Batak pada Generasi Muda

Komunitas tersebut, merasakan bahwa anak-anak yang lahir di perantauan sudah banyak yang lupa dengan budaya orangtua mereka.

Tak Ingin Tergerus Zaman, Komunitas Ini Kenalkan Budaya Batak pada Generasi Muda
TRIBUNBATAM/IAN PERTANIAN

KEMAJUAN teknologi seiring kemajuan zaman, membuat anak keturunan para perantau lupa dengan adat dan budaya dari suku orangtuanya. Bahkan, tak sedikit yang tak bisa berbahasa daerah asal orangtua.

Hal ini diperparah dengan makin tipisnya kecintaan pada budaya dan bahasa daerah tergerus budaya barat yang dianggap lebih modern.

Kondisi tersebut membuat banyak kalangan melakukan aksi untuk menyelamatkan budaya daerah agar tak hilang di masa generasi mendatang. Hal itu juga yang dilakukan Komunitas (punguan_red) Ompu Tuan Binur Kota Batam.

Komunitas yang beranggotakan Marga Simalango, Saing, Simarmata dan Nadeak tersebut, merasakan bahwa anak-anak zaman sekarang khususnya yang lahir di perantauan sudah banyak yang lupa dengan budaya orangtua mereka.

"Jadi inilah yang mendorong kita untuk menbentuk komunitas, di mana di dalamnya kita bisa menunjukkan kepada anak-anak kita apa yang menjadi budaya nenek dan orangtua mereka," kata Bangkit Saing, Penasehat komunitas Ompu Tuan Binur.

Baca: Jika Insomnia Dibiarkan Ternyata Bahaya Lho! Simak 5 Cara Mencegahnya

Baca: Mie Lendir Tulang, Rasanya Nikmat dan Nendang. Cek Resepnya di Sini!

Baca: Aktris Cantik Rachel Shenton Menuai Pujian, Sampaikan Pidato Oscar dengan Bahasa Isyarat

Bangkit yang akrab disapa Oppu Exel, menceritakan dirinya tinggal di Batam sudah lebih dari 30 tahun. Dan selama berada di perantauan, dia sering melihat dan memperhatikan anak -anak khususnya orang Batak yang sudah lupa dengan budaya mereka.

"Yang paling utama adalah soal tutur sapa. Orang Batak ini kan ada sebutan, tutur tetapi itulah yang sudah tidak dimengerti anak-anak sekarang," kata Bangkit.

Halaman
123
Penulis: Ian Pertanian
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help