Mellennial

Gaya Rambut ala Militer Perancis Ini Lagi Happening. Berani Coba?

Untuk model messy juga tidak selamanya messy karena dalam dunia barbershop kiblat model rambut dilihat dari Eropa dan Amerika.

Gaya Rambut ala Militer Perancis Ini Lagi Happening. Berani Coba?
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

BICARA soal tren rambut, setuju kan kalau tren rambut nggak melulu hanya untuk kalangan cewek saja. Para cowok juga punya trend model rambut yang lagi kekinian dan terlihat gaya.

Tahun ini, French Crop sedang banyak digandrungi sejumlah Mellennials. Ini adalah gaya rambut klasik bagi mellennnial yang tidak ingin ribet dalam menata rambutnya.

Zulhan, karyawan swasta salah satu perusahaan di Batam mengaku pernah mencoba French Crop, tetapi ia merasa tidak cocok dengan tatanan rambut tersebut. Karena bagi Zulhan, potongan tersebut kurang tipis pada bagian sisi bawah.

"Kawan saya rata-rata barber. Karena French Crop dibilang model baru jadi saya coba, ternyata kurang cocok dengan saya," katanya.

Sementara Bagus Setya, senior barber di Starsbox Barbershop mengatakan bahwa French Crop adalah gaya rambut klasik yang messy pada bagian atasnya dan fade bagian bawahnya.

Untuk model messy juga tidak selamanya messy karena dalam dunia barbershop yang menjadi arah model rambut dilihat dari Eropa dan Amerika.

French crop adalah potongan rambut militer Perancis dengan tampilan rambut pendek dan hanya membutuhkan sedikit stylish saja. Messy yang identik dengan hal tidak beraturan juga diterapkan pada bagian rambutnya yang sedikit berantakan. Pada akhirnya, gaya rambut ini populer di pria Perancis hingga ke Indonesia saat ini.

French crop berbeda dari under cut. Under cut adalah isitilah gradasi rambut yang akhir di mana under cut adalah potongan dalam atau cepak dalam. Dan under cut itu dipotong habis di bagian sisi-sisinya.

"Sedangkan french crop itu gradasinya bertingkat dari yang terlihat berambut, sedikit berambut, hingga sedikit tebal. Dan yang identik dengan French Crop adalah bagian atasnya yang sedikit berponi pada bagian depan," katanya di Starsbox barbershop Nagoya Hill, Kamis (8/3).

Yang paling penting, ternyata tidak semua jenis rambut bisa dipotong dengan model French Crop lho. Karena hanya bentuk rambut tertentu saja yang dapat dipotong dengan model French Crop. Selain itu, French Crop juga akan terlihat semakin trendy dengan jambang hingga dagu dan sekaligus dengan kumisnya.

Pemilihan rambut bergaya French Crop ternyata tak hanya efek lagi kekinian aja. Setidaknya hal itulah yang dirasakan Alvin Wijaya. Distributor pomade di Batam itu mengaku sudah konsisten dengan model rambut French Crop sejak 2017.

"Suka sama model depannya pendek, kiri dan kanan tipis, jadi tidak bikin gerah dan panas," katanya.

Harri Sakti, mahasiswa teknik informatika Universitas Ibnu Sina juga pernah mencoba model french crop tetapi tidak disertai dengan jambang, karena ia tidak orang berjambang. Maka cukup potongan rambut saja yang ia terapkan. Nah, berani mencoba dengan gaya rambut ini? (*)

Tips
Agar Tampilan French Crop Maksimal
1. Rambut lurus hingga ikal tetapi tidak kaku
2. Berwajah oval tidak bulat
3. Jika ingin di-styling bisa menggunakan pomade berjenis clay. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved