Mellennial

Kulit Sering Bermasalah saat Pancaroba? Coba Lima Tips Cara Mencegahnya

CUACA yang tidak saat masa pancaroba ternyata bisa berpengaruh pada kondisi dan kecantikan kulit kita lho guys.

Kulit Sering Bermasalah saat Pancaroba? Coba Lima Tips Cara Mencegahnya
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

CUACA yang tidak menentu kadang panas, kadang hujan ini terutama saat masa pancaroba ternyata bisa berpengaruh pada kondisi dan kecantikan kulit kita lho guys.

Terutama kulit wajah, area sensitif ini paling rentan menjadi kering dan mengarah ke kusam.
Mencegah lebih baik daripada mengobati, prinsip inilah yang dianut Cindy Kurniawati, mahasiswa Politeknik Negeri Batam.

Untuk menghindari masalah kulit, ia mengaku rutin menggunakan setting spray baik sebelum dan sesudah make up. Agar wajah tetap terasa lembab.

"Terus kalau mau tidur, saya selalu menggunakan skin care yang malam dan menggunakan pelembab muka, supaya saat pagi hari wajah dari kenyal dan tidak kering," ujarnya.

Rutin menggunakan pelembab juga dilakukan Rizky Uswatu, mahasiswa Bahasa Inggris Unrika. Menurutnya pelembab sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Namun demikian, cewek ini mengaku tak hanya menjaga kulit lewat perawatan luar. Ia juga menjaga kulitnya dari dalam dengan rutin mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Sementara itu Sonia, siswa kelas tiga SMAN 14 Batam mengatakan jika ia lebih siap menghadapi segala cuaca yang ada dengan rutin menggunakan aloe vera setiap harinya.

"Jadi kalau pakai aloe vera wajah jadi lembab. Mau panas mau hujan tetap dry skin. Tapi tidak sampai kering pecah-pecah," katanya.

Perawatan rutin tentu tidak bisa untuk ditinggalkan. Dan salah satu bentuk perawatan yang bisa Mellennials coba di musim pancaroba ini adalah natural facial. Yakni facial menggunakan bahan-bahan alami yang akan membuat kulit wajah lebih terjaga.

"Bisa menggunakan kefir, fermentasi susu ettawa atau susu sapi. Jadi aman kalau mau digunakan setiap hari. Bahkan tidak hanya di salon tetapi juga bisa di rumah," kata Tina Utami, founder Deluxsa Beauty Care, Minggu (11/3/2018) di Plamo Garden, Batam Centre.

Perawatan selama musim pancaroba yang mengakibatkan wajah kering cenderung kusam ini ada baiknya sesekali melakukan facial. Untuk kulit wajah yang cenderung kering bisa tiga sampai empat hari sekali, untuk wajah yang cenderung berminyak dua minggu sekali.

"Kalau facial lebih maksimal karena menggunakan alat. Jadi kotoran bisa lebih terangkat. Perawatannya dimulai dari pembersihan make up, scrub wajah, wajah di-steam agar pori-pori terbuka, wajah di vakum untuk membersihkan kotoran, pemberian serum, toner, dan terakhir masker," jelasnya.

Kalau untuk di rumah, kamu juga bisa melakukan maskeran juga dengan bahan - bahan alami. Untuk musim pancaroba ini ada baiknya maskeran dengan menggunakan kopi, karena dalam kandungan kopi terdapat bahan yang bisa melembabkan.

"Dan yang paling penting itu tidak pernah ketinggalan pelembab. Lalu bisa dibantu dengan konsumsi buah dan sayur juga. Maskeran dengan bahan alami lebih baik, karena tidak bermasalah jika digunakan setiap harinya," ungkap Founder Deluxsa Beauty Care di Plamo Garden Blok G4 No 15. (*)

Tips Merawat Wajah saat Musim Pancaroba
1. Perbanyak minum air putih setiap harinya
2. Kompres wajah dengan es batu setelah cuci muka untuk menutup pori-pori wajah
3. Rutin cuci muka sebelum make up dan sebelum tidur
4. Gunakan pelembab setiap hari
5. Rutin konsumsi buah dan sayuran. (*)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help