Sebaiknya Anda Tahu

Terungkap! Inilah Misteri Di Balik Warna-warni Buah dan Sayuran! Warna Merah Mengejutkan!

Setiap warna memiliki kandungan unik bernama phytochemical yang dapat melawan penyakit tertentu

Terungkap! Inilah Misteri Di Balik Warna-warni Buah dan Sayuran! Warna Merah Mengejutkan!
via intisarionline
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.ID-Menurut penelitian buah dan sayuran yang bewarna-warni tidak saja menggugah selera, tapi juga memberikan manfaat kesehatan yang berlimpah.

Semakin berwarna makanan yang ada dalam piring kita, semakin lengkap pula kandungan gizi yang kita peroleh. Kok bisa? Sebab tiap-tiap warna memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda.

Menurut konsultan gizi sekaligus praktisi kebugaran, Jansen Ongko, Msc, RD, setiap warna memiliki kandungan unik bernama phytochemical yang dapat melawan penyakit tertentu.

Baca: Mengejutkan! 6 Negara Ini Memiliki Kebiasaan Tidur Aneh Termasuk di Indonesia! Ini Keanehannya!

Baca: Nekat Keroyok Pilot TNI AU! Preman-preman Ini Jatuh Pingsan Ketakutan Dihajar Jet Tempur F-16!

Baca: Heboh! Baru Pulang Melamar Kerja, Janda Muda Ini Dapat Rezeki Nomplok Gara-gara Haus!

Nah, berikut nutrisi dan gizi yang tersimpan dalam warna-warna buah dan sayuran:

1. Merah
Buah atau sayuran berwarna merah mengandung likopen. Likopen ini merupakan antioksidan kuat yang melindungi tubuh dari radikal bebas.
Selain itu, sayur dan buah berwarna merah juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan dapat menurunkan risiko kanker.

2. Ungu atau biru
Warna ungu dan biru pada sayur dan buah disebabkan oleh pigmen tanaman berupa antosianin. Antosianin tak hanya memberikan warna saja, tapi juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan sehingga dapat membantu menurunkan risiko kanker, stroke, dan penyakit jantung.

3. Orange/kuning
Buah dan sayuran yang memiliki warna ini mengandung karotenoid dan beta karoten. Keduanya bisa kita temukan pada ubi jalar, labu, dan wortel.

Beta karoten ini akan diubah menjadi vitamin A yang membantu menjaga kesehatan membran mukosa lambung dan kesehatan mata. Karotenoid juga memiliki tipe lain bernama lutein. Lutein inilah yang dapat mencegah katarak dan penyakit mata yang berkaitan dengan degenerasi makula penyebab kebutaan.

4. Hijau
Nah, yang satu ini mengandung berbagai phytochemical termasuk karotenoid, indoles, dan saponin. Ketiganya memiliki sifat antikanker.
Selain itu, sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli juga juga kaya akan folat yang baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular, Alzheimer, dan kanker

5. Putih atau coklat
Kedua warna ini mengandung berbagai phytochemical seperti allicin, seperti dalam bawang putih, yang dikenal sebagai antivirus dan antibakteri.

Sejumlah riset menunjukkan kalau allicin membantu mengatasi infeksi dan melawan bakteri penyebab racun dalam makanan. Riset lainnya juga mengatakan, kandungan kimia ini membantu mengatasi pembekuan darah dan menghalau jenis kanker tertentu.

Selain bawang, beberapa kelompok buah dan sayur yang termasuk kategori ini antara lain pisang dan kentang. Kedua merupakan sumber potassium yang baik. Potasium sendiri merupakan mineral yang melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif dan menjaganya dari penebalan.

Alicin adalah zat yang memberi rasa dan bau yang khas. (Intisarionline)

Tags
warna
buah
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved