Motion

Komunitas Ini Sebar Ajakan Untuk Mencintai Alam Lewat Seni

Komunitas ini memiliki berbagai program kerja untuk mendukung visi misi Rumah Pohon Institute.

Komunitas Ini Sebar Ajakan Untuk Mencintai Alam Lewat Seni
ISTIMEWA

KOMUNITAS Rumah Pohon Institute mengajak masyarakat, khususnya remaja dan pemuda untuk menghargai alam. Komunitas yang terbentuk sejak tahun 2014 lalu tersebut beranggotakan pekerja seni serta akademisi dan para pecinta alam.

Cara mereka mengajak orang lain untuk mencintai alam juga dilakukan dengan cara yang unik yakni lewat seni.

"Kebanyakan anggotanya teman-teman dari pekerja seni. Dari ISI Yogyakarta dan mahasiswa-mahasiswa pecinta alam, kami ketemu di Batam dan membentuk komunitas ini," ujar Ketua Komunitas Rumah Pohon, Ogie.

Ogie, Ketua pelaksana revitalisasi Komunitas Rumah Pohon mengungkapkan nama Rumah Pohon diambil sebagai nama komunitas karena terinspirasi dari pohon yang merupakan sumber kehidupan. Serta rumah yang merupakan sebuah wadah.

"Apa yang kami tahu dan dapatkan dari kampus dulu, kami bawa untuk berbagi dengan masyarakat. Khususnya remaja dan pemuda. Kami berharap komunitas ini menjadi contoh bagi masyarakat untuk menghargai alam," katanya.

Ogie menyebutkan, komunitasnya pun memiliki berbagai program kerja untuk mendukung visi misi Rumah Pohon Institute. Baik program kerja harian maupun tahunan.

"Untuk acara tahunan, kami ada ruwat bumi atau sedekah bumi. Caranya banyak, bisa lewat penanaman pohon bersama, pertunjukan seni, atau operasi sampah," ucapnya.

Seperti yang belakangan hari ini dilaksanakan mereka yaitu operasi sampah di Danau Sei Ladi serta di dalam hutannya. Lewat kegiatan operasi sampah, anggota komunitas membersihkan danau serta hutan dari sampah-sampah yang dibuang oleh masyarakat.

"Kan suka banyak orang masuk ke dalam hutan Sei Ladi itu memancing. Atau bahkan melakukan kegiatan lain. Kadang mereka suka meninggalkan sampah. Makanya kami masuk dan bersihkan. Pernah juga gabungan melakukan operasi sampah di Jodoh Nagoya," ucapnya. (*)

Bagikan Ilmu Sastra hingga Seni Rupa

Halaman
123
Penulis: Anne Maria
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved