Bantu Ringankan Dompet Suami, Istri Bupati Minta Ibu-ibu di Bintan Tanami Pekarangan Cabai!

Kan kadang kadang cabai, sayur, naik. Nah, kalau cabai naik, ibu ibu kan gak perlu pusing lagi, sudah ada tanaman cabai ditanam di pekarangan

Bantu Ringankan Dompet Suami, Istri Bupati Minta Ibu-ibu di Bintan Tanami Pekarangan Cabai!
tribunbatam/aminnudin
Ilustrasi. Ketua DWP Bintan Nong Rochaiza bercakap cakap dengan ketua PKK Bintan Deby Apri Sujadi, Selasa (31/10/2017) usai dikukuhkan 

TRIBUNBATAM.id, BINTAN-Ketua Tim Penggerak PKK Bintan Deby Maryanti menyarankan pekarangan rumah dapat ditanami jenis cabai dan sayur-sayuran.

Dengan demikian, masyarakat terutama ibu rumah tangga dapat mengimbangi beban pengeluaran suami ketika harga bahan pangan, katakanlah cabai melonjak tinggi.

"Kan kadang kadang cabai, sayur, naik. Nah, kalau cabai naik, ibu ibu kan gak perlu pusing lagi, sudah ada tanaman cabai ditanam di pekarangan. Sayur naik tinggal petik singkong di pekarangan," ujar Deby, Rabu (14/3/2018).

Baca: Mengejutkan! 6 Negara Ini Memiliki Kebiasaan Tidur Aneh Termasuk di Indonesia! Ini Keanehannya!

Baca: VIDEO: Petugas Bandara Ini Tertangkap Kamera CCTV Ambil Uang Penumpang! Begini Modusnya!

Baca: Keren! Tarempa Punya Spot Wisata Baru! Jangan Kaget, Ini Lokasinya!

Baca: Heboh! Arisan Sosialita Rp 1 Miliar Istri Pengusaha di Jakarta, Naik Jet Pribadi Lobi Jodohkan Anak!

Bila masyarakat secara serentak gemar membudidayakan tanaman kata Deby maka turut membantu keluarga menghadapi situasi yang kadang pelik dalam rumah tangga. Pelik dimaksud terkait pendapatan keluarga.

"Sehingga rumah tangga itu bisa mengurangi pengeluaran-pengeluaran, dan tidak terjadi harga cabai yang mahal,"kata Deby.

Komoditas cabai merupakan salah satu komoditas penyumbang fluktuasi di Indonesia. Bahkan, setiap tahunnya disaat-saat bulan tertentu

hampir dipastikan masyarakat selalu dihebohkan dengan kenaikan harga cabai baik di pasar tradisional maupun pasar modern.

"Ketika menjelang bulan ramadan atau akhir tahun contohnya, harga cabai cenderung naik karena permintaan rumah tangga yang tinggi.

Ilustrasi
Ilustrasi (Kompas.com/ESTU SURYOWATI)

Kita harapkan nantinya dengan gerakan pemanfaatan pekarangan untuk Ketahanan Pangan Keluarga," kata Deby.

Dirinya menerangkan agar jenis tanaman yang dipilih untuk dikembangkan di halaman rumah, sebaiknya jenis tanaman yang mampu ditanam di pot vertikal atau bahkan pot gantung.

"Jadi, program ini memenuhi tiga aspek yakni ekonomi, sosial dan kesehatan,"katanya. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved