Mellennial

Salah Persepsi Diet Bisa Kena Anoreksia Lho! Baca Dulu Bahayanya!

Tak sedikit wanita yang melakukan diet demi mendapatkan berat badan ideal. Tapi jangan sampai salah saat memilih cara diet.

Salah Persepsi Diet Bisa Kena Anoreksia Lho! Baca Dulu Bahayanya!
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

BAGI sebagian orang, penampilan menjadi prioritas nomor satu. Tidak hanya karena ingin tampil cantik di depan publik, tetapi juga karena tuntutan gaya hidup dan terhindar dari cemoohan lingkungan.

Untuk mewujudkan hal itu, banyak upaya yang dilakukan selain perawatan. Misalnya saja menjaga berat badan agar terlihat ideal. Yakni dengan diet.

Seperti yang diungkapkan Nurfenny Aryanny, Direktur PT Tanjung Batu Jaya Money Changer. Wanita ini mengaku pernah diet yang akhirnya justru membuat dirinya tersiksa.

Padahal, diet yang dilakukannya juga bukan karena ingin memiliki tubuh sehat tetapi menjauhi omongan orang yang tidak mengenakkan tentang dirinya.

"Tujuan saya diet itu tentu untuk menjaga penampilan dan tubuh juga. Soalnya kita gendut dikit saja pasti dibilang. Sakit telinga mendengar hal itu," ujarnya.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Talita Rachelia Putri, karyawan swasta di salah satu perusahaan swasta di Batam ini pernah melakukan diet berlebihan sampai akhirnya masuk rumah sakit karena tidak makan seminggu.

"Aku pernah sempat 53 kg tapi gendut nggak di badan tapi ke pipi jadi nggak pede. Tapi sekarang saya sadar kalau diet bukan karena penampilan atau agar dipandang orang tetapi lebih untuk menjaga kesehatan" ungkapnya.

Banyak hal yang membuat seseorang melakukan diet dan juga bisa karena tuntutan profesi yang dijalani. Seperti yang dilakukan oleh Cindy Lucia Fernanda, mahasiswa hukum di Universitas International Batam ini hampir melakukan diet yang salah karena berkegiatan menjadi seorang penyanyi, sehingga harus menjaga penampilan.

"Soalnya saya orang entertaint kan, suka nyanyi di mana-mana dan yang saya pikirin menjaga bentuk tubuh itu penting aja gitu biar proposional badannya. Terus biar pake baju yang kecil jadi nggak susah nyari baju," kata Cindy.

Tidak ada yang salah dari yang namanya diet, asalkan tidak sampai menyiksa diri. Hingga mengganggu cara pandang terhadap diri sendiri. Dan menimbulkan gangguan yang disebut dengan anoreksia.

Halaman
12
Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved