Perangi Ujaran Kebencian dan Hoaks, Elemen Warga Bintan Deklarasi Bersama!

Deklarasi anti hoax dan hate speech atau ujaran kebencian ditandai dengan aksi pembubuhan tanda tangan

Perangi Ujaran Kebencian dan Hoaks, Elemen Warga Bintan Deklarasi Bersama!
tribunbatam/aminnudin
Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang saat membubuhkan tanda tangan pada deklarasi anti hoax dan hate speech, Jumat (16/3/2018) 

TRIBUNBINTAN.com-Deklarasi anti hoax dan hate speech atau ujaran kebencian ditandai dengan aksi pembubuhan tanda tangan oleh sejumlah elemen di Bandar Seri Bentan, ibukota Bintan, Jumat (16/3/2018).

Pembubuhan tanda tangan merupakan bukti bahwa setiap elemen masyarakat Bintan bersikap No pada hoax dan hate speech. Deklarasi dihadiri sekda bintan, kapolres bintan, lembaga adat, FKUB, GP Ansor sampai banser.

Baca: Mbah Satiyah Usia 120 Tahun Rajin Salat Tahajud dan Mengaji! Kisah Hidupnya Mengharukan!

Baca: Diam-diam Maia Estianty Suka Santap Makanan Hitam Ini, Harganya Bikin Geleng-geleng Kepala!

Baca: Heboh! Ketampanan Lebihi Bintang Film, Staf Bandara Ini Dihukum Potong Gaji!

Kepala Kesbangpol Bintan Karya Harmawan menyatakan, hoax dan hate speech juga menimbulkan polemik di Bintan. Hal itu paling mudah dilihat di media sosial.

"Hoax dan hate speech itu membanjiri sosial media. Tua muda remaja bahkan anak-anak, semuanya hampir terpecah karena hal ini. Mulai dari pemerintah pusat sampai ke daerah-daerah,

harus sepakat dan komitmen kita untuk membasmi hoax ini. Berbagai peraturan yang telah ada bahkan yang baru dibuat harus dapat kita terapkan bersama,"kata Karya.

Sekda Bintan Adi Prihantara menyatakan, hoax perlu ditangkal. Adi mengutip dalil di kitab suci Alquran yang menurut dia memberikan penegasan untuk tidak memfirnah. Nah, fitnah ini bisa semacam hoax kalau diistilahkan di era kekinian.

"Dan Tuhan melarang kita memfitnah, kita harus berahlak baik dengan salah satu caranya tidak menyebarkan hoax dan hate speech.

Hoax itu jangan sampai menjadi momok, kita yang harus cerdas memilah dan melihat informasi yang berkembang,"kata Adi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengucapan ikrar bersama melawan hoax dan hate speech yang secara serentak diucapkan oleh seluruh peserta yang hadir. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved