Mellennial

Fitur Gif Instagram Menghilang, Apa Kata Mellennials?

Belakangan pengguna Instagram dan Tumblr dihebohkan dengan menghilangnya format gif dan tumblr dari aplikasi tersebut sejak Maret ini.

Fitur Gif Instagram Menghilang, Apa Kata Mellennials?
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

BELAKANGAN pengguna Instagram dan Tumblr dihebohkan dengan menghilangnya format gif dan tumblr dari aplikasi tersebut sejak Maret ini.

Hal tersebut mengagetkan sekaligus membingungkan para penggunanya. Ada yang mengaku kecewa karena kehadiran keduanya bikin chat menjadi terasa lebih hidup.

Arline Moudhey, siswa kelas tiga di SMA 4 merupakan satu di antara pengguna gif yang merasa kecewa setelah gif hilang dari Instagram.

Begitu juga Amelia. Karyawati salah satu perusahaan swasta di Batam ini merasa ada yang kurang dan aneh saat gif tiba-tiba tidak ada lagi di insta-story dan snapchat.

Hal sama dikatakan Kurniadi Saputra, mahasiswa yang baru saja lulus sebagai sarjana arsitek di Surabaya ini merasa kecewa dengan hilangnya gif. Apalagi dia baru saja update tetapi sudah hilang saja.

"Biasanya iseng-iseng pakai aja, yang gerakannya agar berlebihan. Karena lucu," katanya.
Format gif (Grafik Interchange Format) pada instagram dan snapchat memang dihapus tepatnya sejak 9 Maret 2018 ini. Para penggunanya merasa kecewa dengan hilangkan salah satu bagian terunik saat membuat insta story.

"Terhapusnya format gif karena adanya unsur rasis dari gambarnya. Dan juga banyak yang menyalahgunakan. Karena ada unsur bully pada orang berkulit hitam di format gif," kata Ammar Satria Ba CM MSc, Dosen Animasi di Politeknik dan Dosen Entrepreneurship & leadership di Universitas International Batam, Jumat (16/3).

Karena ada unsur rasis inilah, kita tidak bisa menggunakan format gif di instagram dan snapchat. Format gif yang berada di bawah lisensi Giphy ini ditarik dari instagram dan snapchat karena adanya unsur rasis tersebut.

"Format gif bisa balik lagi jika ada kesepakatan antara Giphy dengan instagram serta snapchat bahwa tidak ada unsur rasis di dalamnya," ujar Ammar.

Awal mula gambar rasis di Giphy terdeteksi pada instagram dan snapchat adalah ketika beberapa pengguna instagram menemukan gambar rasis, setelah mengetikkan keyword 'crime'.

Halaman
12
Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved