Hakim Bebaskan Bangsawan Malaysia Aniaya Pembantu Asal Indonesia, 40 Ribu Orang Teken Petisi

Lebih dari 40.000 orang menandatangani sebuah petisi menuntut keadilan setelah seorang bangsawan Malaysia bergelar Datin lolos dari penjara.

Hakim Bebaskan Bangsawan Malaysia Aniaya Pembantu Asal Indonesia, 40 Ribu Orang Teken Petisi
The Star/BHarian
Datin Rozita dan pembantu bernama Suyanti yang dianiaya 

TRIBUNBATAM.ID, PETALING JAYA - Lebih dari 40.000 orang telah menandatangani sebuah petisi menuntut keadilan setelah seorang bangsawan Malaysia bergelar Datin lolos dari penjara.

Datin Rozita Mohamad Ali diduga menganiaya pembantunya, TKW asal Indonesia bernama Suyanti Sutrinso (19), demikian sejumlah media Malaysia melaporkan.

Anehnya, pengadilan negeri Petaling Jaya, Malaysia, Kamis (15/8/2018) lalu, hanya mengenakan denda 20 ribu ringgit kepada Rozita dan hukuman percobaan selama lima tahun kepada wanita 44 tahun itu.

Padahal jaksa penuntut mendesak pengadilan untuk memberikan hukuman kepada pengadilan, sesuai bukti-bukti akibat perbuatan terdakwa.

Awalnya, terdakwa bahkan didakwa percobaan pembunuhan dengan ancaman hukuman penjara maksimum 20 tahun, namun kemudian diubah menjadi penganiayaan yang mengakibatkan korban cedera parah.

Putusan tersebut langsung mengundang reaksi di Malaysia karena pengadilan dianggap melakukan diskriminasi hukum dan berpihak kepada orang kaya dan bangsawan.

Petisi tersebut dibuat oleh seorang yang tidak disebutkan namanya, menggunakan nama "Equal Justice For Malaysianians" Sabtu (17/3) di situs change.com.

Hingga saat ini, petisi tersebut telah mendapatkan 41.337 tanda tangan dan viral di Malaysia.

Petisi itu menargetkan 50 ribu tanda tangan sebelum diteruskan ke Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Abdul Razak dan Menteri Datuk Seri Azalina Othman Said.

Kasus penganiayaan tersebut terjadi di sebuah perumahan mewah Mutiara Damansara.

Halaman
12
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help