Kemenangan Vladimir Putin Jadi Presiden Rusia Lagi 'Sepi' Ucapan Selamat dari Negara Barat

Ucapan selamat dari negara-negara Barat lamban disampaikan atas kemenangan Vladimir Putin dalam pemilu presiden (Pilpres).

Kemenangan Vladimir Putin Jadi Presiden Rusia Lagi 'Sepi' Ucapan Selamat dari Negara Barat
RT.com
Presiden Rusia, Vladimir Putin 

TRIBUNBATAM.id- Di tengah ketegangan dengan Rusia belakangan ini, ucapan selamat dari negara-negara Barat lamban disampaikan atas kemenangan Vladimir Putin dalam pemilu presiden (Pilpres).

Sementara Cina dan Jepang langsung memberikan selamat kepada Putin, usai pengumuman kemenangannya, Senin (19/3/2018).

Dalam pesan yang disampaikan untuk memberikan selamat kepada Vladimir Putin yang menang pemilihan presiden Rusia sehingga menjabat untuk masa jabatan keempat, Presiden Cina Xi Jinping mengatakan kedua negera menjalin hubungan yang sangat baik.

"Pada saat ini, kemitraan strategis menyeluruh antara Cina dan Rusia berada pada titik terbaik dalam sejarah, yang bisa menjadi contoh bagi pembentukan hubungan internasional jenis baru," kata Presiden Xi, Senin (19/3/2018).

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe -kata Kementerian Luar Negeri- berbicara kepada Putin setelah kemenangannya dan kedua pemimpin membahas upaya denuklirasasi di Semenanjung Korea.

Selain pemimpin Cina dan Jepang, yang juga sudah menyampaikan selamat kepada Presidem Putin adalah pemimpin Iran, Kazakhstan, Belarus, Venezuela, Bolivia, dan Kuba.

Beda pendapat

Di Jerman, juru bicara Kanselir Angela Merkel, Steffen Seibert, mengatakan Merkel akan mengirim telegram "sangat segera" kepada presiden Rusia.

"Kita berbeda pendapat dengan Rusia dan kita dengan tegas mengkritik kebijakan Rusia dalam beberapa hal -Ukraina, Suriah," katanya.

Halaman
12
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help