Ini 6 Mobil Eks Presiden Soekarno, Ada yang Pernah Dilempar Granat

enam mobil di antaranya kini disimpan di museum pribadi dari salah satu pendiri organisasi PPMKI.

Ini 6 Mobil Eks Presiden Soekarno, Ada yang Pernah Dilempar Granat
Mobil dinas Presiden Soekarno 

TRIBUNBATAM.id - Pemimpin negara selalu identik dengan mobil-mobil premium yang menjadi kendaraan dinasnya. Ini berlaku juga bagi Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno yang pernah ganti beberapa merek ternama di eranya.

Tapi sekarang beberapa mobil bekas kedinasan Sang Proklamator ada yang disimpan anggota Perhimpunan Penggemar Mobil KunoIndonesia (PPMKI). Tri Dharma salah satu pengurus PPMKImengatakan, mobil yang sekarang dikoleksi sebagian dari 23 mobil yang dilelang Sekretariat Negara tahun 1988.

Tri melanjutkan, enam mobil di antaranya kini disimpan di museum pribadi dari salah satu pendiri organisasi PPMKI. Pengoleksi terbanyak mobil eks Presiden Soekarno dimiliki Hartawan "Hauwke" Setjodiningrat yang beralamat di daerah Kemang, Jakarta Selatan.

Lima di antaranya milik Hauwke dan satu diantara 6 tadi miliknya pribadi. Dari pada penasaran berikut daftar mobil eks Presiden Soekarno yang dimiliki PPMKI.

1. Buick Super

Buick super salah satu mobil dinas Presiden Soekarno yang sudah setir kanan
Buick super salah satu mobil dinas Presiden Soekarno yang sudah setir kanan ()

Kata Tri, mobil buatan Amerika ini posisi setir sudah ada di kanan. "Mobilnya ini juga dipakai Perdana Menteri, di antaranya Juanda dan Nasyir," ujar Tri.

2. ZIL Limo

ZIL Limo buatan Uni Soviet pernah menemani Soekarno
ZIL Limo buatan Uni Soviet pernah menemani Soekarno ()

Produksi dari negara Uni Soviet. Nama ZIL merupakan singkatan dari Zavod Imeni Likhacheva. Sedan lawas ini sampai sekarang juga masih original degan cat yang dibiarkan sengaja pudar.

3. Chrysler Windsor

Chrysler Windsor yang juga pernah temani Bung Karno dan juga pernah dipakai Jendral Besar
Chrysler Windsor yang juga pernah temani Bung Karno dan juga pernah dipakai Jendral Besar ()

Mobil buatan Amerika Serikat ini yang dulu pernah dipakai Bung Karno untuk acara Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955 di Bandung. Dan ini merupakan mobil yang pernah dipakai Panglima Besar Jenderal Soedirman juga.

Halaman
12
Editor: Rio Batubara
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved