Ingatkan Calon Pengantin Soal Reproduksi, Dinkes dan Kemenag Tanjungpinang Teken Kerjasama!

Periksa kesehatan sebelum menikah perlu diperhatikan calon pengantin. Ini kegunaan paling masuk akalnya!

Ingatkan Calon Pengantin Soal Reproduksi, Dinkes dan Kemenag Tanjungpinang Teken Kerjasama!
internet
Ilustrasi riasan inai pengantin 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Dinas Kesehatan Pengedalian Penduduk dan Keluarga Rencana Kota Tanjungpinang bekerja sama dengan Kementerian Agama untuk melakukan komunikasi, informasi dan edukasi para calon pengantin (catin).

"Sinergi ini memang sangat diperlukan untuk mendukung upaya mewujudkan SDM berkualitas sedini mungkin sejak memasuki gerbang pernikahan," kata Pejabat Walikota Tanjungpinang Raja Ariza usai menyaksikan penandatanganan kesepakatan kerja sama tersebut di Hotel Aston, Kamis (22/3/2018).

Baca: Berawal Jualan Gelang Online, Siswi SMKN 1 Tanjungpinang Setahun Omzet Rp 314 Juta!

Baca: BREAKINGNEWS: Isdianto Bakal Dilantik Jadi Wagub Kepri Tanggal 27 Maret! Ini Bocorannya!

Baca: Malas Dengan Grup yang Berisik! Begini Cara Keluar dari Grup Whatsapp Tanpa Ketahuan!

Baca: Aha! Sandra Dewi Pamer Mobil Mewah Suami, Mengejutkan Bentuk Pintu Mobilnya! Begini Penampakannya!

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan saat Pembukaan Orientasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin Bagi Tenaga Kesehatan dan Penyuluh Pernikahan.

Lebih lanjut, Ariza menyampaikan, calon pengantin hendaknya tahu kondisi kesehatan masing-masing calon pasangan. Selain itu juga harus paham tentang perogram memelihara kesehatan sejak sebelum hamil, saat hamil, saat melahirkan, saat merawat bayi, balita hingga remaja.

"Ini untuk menghindari terjadinya kasus-kasus gangguan kesehatan, kekurangan gizi, penyakit terkait reproduksi, kematian pada ibu dan bayi yang secara nasional di Indonesia saat ini cukup tinggi," katanya

Sementara itu, Kepala Dinkes Dalduk dan KB Kota Tanjungpinang Rustam mengatakan beberapa penyakit bisa dicegah sejak dini bila calon pengantin mendapatkan pemeriksaan kesehatan yang komprehensif sejak dini. Misalnya hemofili, thalassemia, diabetes dan buta warna

"Jadi adanya pemeriksaan HIV, hepatitis, infeksi menular seksual sebelu menikah itu penting. Termasuk konsumsi gizi seimbang yang diperlukan untuk pertumbuhan janin selama masa kehamilan," katanya. (*)

Tags
pengantin
Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help