BPJS Gelar Sosialisasi Kepatuhan kepada 160 Perusahaan. Kenalkan Gerakan 5 M. Apa Itu?

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Batam Sekupang Jefri Iswanto mengatakan gerakan 5 M ini sedang digaungkan jajarannya untuk kepesertaan

BPJS Gelar Sosialisasi Kepatuhan kepada 160 Perusahaan. Kenalkan Gerakan 5 M. Apa Itu?
TRIBUNBATAM/ZABUR A
BPJS Ketenagakerjaan Batam Sekupang melakukan sosialisasi Kepatuhan kepada 160 perusahaan yang termasuk ke dalam kategori First Class Company (FCC) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Untuk memperkuat tali silaturahmi sekaligus meningkatkan kualitas kepesertaan perusahaan binaan, BPJS Ketenagakerjaan Batam Sekupang menggelar sosialisasi Kepatuhan kepada 160 perusahaan yang termasuk ke dalam kategori First Class Company (FCC).

Dalam sosialisasi yang berlangsung di Hotel Best Western Preimer, Kamis (22/3/2018) itu, disampaikan kualitas kepesertaan yang dimaksud dirangkum dalam gerakan 5 M yakni, Mendaftarkan seluruh tenaga kerja, Mendaftarkan Upah yang sebenarnya, Mengikuti seluruh program yang diwajibkan, Membayar iuran tepat waktu, serta Menggunakan Aplikasi SIPP Online sebagai instrument pelaporan upah tenaga kerja.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Batam Sekupang Jefri Iswanto mengatakan gerakan 5 M ini sedang digaungkan oleh jajarannya untuk mengawal kepesertaan perusahaan yang terdaftar di BPJSTK Batam Sekupang demi meningkatnya kesejahteraan dan produktivitas tenaga kerja.

Baca: Honda Mobilio Gelar Showroom Event Akhir Pekan Ini. Ada Sejumlah Tawaran Menarik

Baca: Tak Boleh Seksi atau Terlalu Tertutup, Negara Rilis Aturan Busana Wanita Tajikistan. Apa Kata Warga?

Baca: Korban Perkosaan di Angkot, Trauma. Dia Tulang Punggung Keluarga. Sang Ayah Sakit di Kampung

“Yang pertama terkait mendaftarkan seluruh tenaga kerja, Kami imbau agar perusahaan memastikan seluruh pekerjanya terdaftar sebagi peserta, terutama teman-teman yang berada di perusahaan Main Kontraktor, agar jangan lupa memonitoring kepesertaan tenaga kerja setiap Sub Kontraktornya.” ujarnya.

“Kedua mengenai upah, mari laporkan upah tenaga kerja yang sebenarnya agar manfaat yang diterima oleh pekerja juga optimal. Kita tidak ingin ada tenaga kerja yang menerima manfaat jaminan yang tidak maksimal dikarenakan pelaporan upah yang tidak sesuai dengan yang sebenarnya," katanya.

Selanjutnya, ketiga, pastikan perusahaan sudah mengikuti semua program yang telah diamanatkan Undang-Undang. Saat ini BPJS Ketenagakerjaan memiliki 4 porgram yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

Lebih lanjut Jefri menambahkan selain pendaftaran seluruh tenaga kerja, upah, dan Iuran ada dua hal lain lagi yang perlu diperhatikan oleh manajemen perusahaan yaitu membayar iuran tepat waktu dan tepat bulan, serta menggunakan aplikasi SIPP Online dalam melaporkan data upah setiap bulan.

“Kenapa penting untuk membayarkan iuran tepat di bulan berjalan, karena perhitungan pengembangan saldo JHT dilakukan secara bulanan sesuai dengan tanggal pembayaran iuran. Jadi apabila perusahaan membayarkan iuran tepat bulan maka tenaga kerjanya akan mendapatkan hasil pengembangan saldo yang maksimal," ujarnya.

Mudah-mudahan apabila gerakan 5 M ini dijalankan oleh perusahaan maka akan berdampak kepada peningkatan kesejahteraan dan produktivitas tenaga kerja” ujarnya.

Selain memberikan sosialisasi mengenai kualitas kepesertaan, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan informasi mengenai GN Lingkaran kepada perusahaan binaan.

Program GN Lingkaran bagian dari Inovasi BPJS Ketenagakerjaan yang mengakomodir penyaluran dana perusahaan, Instansi, ataupun Individu untuk membantu para pekerja rentan agar terlindungi dalam program BPJSTK.

Melalui GN Lingkaran ini, diharapkan perusahaan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang berada di lingkungan sekitar perusahaan yang termasuk dalam kategori pekerja rentan berupa perlindungan Kematian dan Kecelakaan Kerja yang dibayarkan melalui BPJS Ketenagakerjaan.(bur)

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved