Home »

Bisnis

» Makro

Perang Dagang As dan Cina

Perang Dagang AS-China Hanya Peluru Kosong. Trump Mau Melawan Presiden Seumur Hidup?

Di tengah isu skandal Pemilu yang menderanya, seperti biasa, Presiden AS Donald Trump mengeluarkan bola panas perang dagang dengan China.

Perang Dagang AS-China Hanya Peluru Kosong. Trump Mau Melawan Presiden Seumur Hidup?
ndtv.com
Pertemuan Donald Trump dan Xi Jinping, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNBATAM,ID, BEIJING - Di tengah isu skandal Pemilu yang menderanya, seperti biasa, Presiden AS Donald Trump mengeluarkan bola panas perang dagang dengan China.

Trump akan menerapkan tarif tinggi untuk impor baja dan alumunium dari China.

Belum lagi jika ditambah dengan impor produk teknologi dari China.

Total impor produk China ke AS mencapai 50 miliar dolar atau Rp 560 triliun lebih. Sebuah angka yang besar dan cukup untuk menakut-nakuti negara Panda tersebut.

Bukannya takut, Presiden China Xi Jinping justru menunggu langkah Trump tersebut dalam bentuk nyata, sebelum melepaskan gudang senjata tangguh negaranya sebagai jawaban.

Banyak yang tidak yakin Trump benar-benar melakukan hal itu karena Presiden AS yang satu ini hanya terkenal sebagai tukang gertak dan doyan menebar peluru kosong.

Salah satu gertakannya yang sama sekali tidak mempan adalah tentang rencana menyerang Korea Utara setelah negara itu melakukan beberapa kali uji coba nuklir antarbenua.

Awalnya, gertakan Trump disambut baik oleh Jepang dan Korea Selatan, tetapi Kim Jong-un dengan cerdik megirimkan delegasi Olimpiade Musim Dingin dengan tawaran satu bendera Korea.

Tapi okelah. Jika perang dagang bear-benar terjadi, siapa yang kuat jika dua negara ini bertempur dalam ekonomi?

Satu hal yang tidak diperhatikan Trump adalah, ia hanya memerintah untuk empat tahun. Bahkan, jika keputusannya itu ternyata mengguncang perekonomian dalam negeri –hal itu dipastikan terjadi, masa jabatannya bisa lebih cepat.

Halaman
123
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help