Mellennial

Sering Emosi dan Stres? Coba Lakukan Yin Yoga

Yang suka emosional, disarankan untuk ikut yin yoga, selain gerakannya slow. Yin yoga membuat kita menjadi seorang yang kalem

Sering Emosi dan Stres? Coba Lakukan Yin Yoga
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

YOGA udah nggak asing lagi di Batam. Banyak yang ikut olahraga yang satu ini. Dan ternyata guys, yoga itu ada beragam jenis gerakan dan bentuknya, lho!

Yoga tidak hanya membuat tubuh terasa rileks namun juga terasa bugar dan fit. Bukan itu saja, yoga juga bisa memperbaiki jalur energi pada tubuh.

Dan salah satu yoga yang bisa membantu seseorang dalam memperbaiki peredaran darah serta suplai oksigen seperti akupuntur adalah yin yoga. Yin yoga diambil dari kata yin dalam bahasa mandarin yang artinya energi diam.

Rianti, salah satu owner Golden Farm cafe mengatakan, yin yoga sangat membantunya dalam melatih kesabaran. Selain itu, ia juga merasakan dirinya lebih fresh.

"Yang suka emosional, disarankan untuk ikut yin yoga, selain gerakannya slow. Yin yoga membuat kita menjadi seorang yang kalem," katanya.

Manfaat yin yoga untuk mengembalikan energi juga diakui Esther, pelatih yoga di Solo. Wanita ini mengaku kerap melakukan yin yoga setelah lelah mengajar yoga. Setelah itu, ia merasa badan kembali segar dan tidak gampang sakit.

Sementara itu, Fika, seorang model di Batam menganggap yin yoga sebagai cara untuk menenangkan pikiran, relaksasi dan membuat tubuhnya menjadi lebih lentur.

"Yin yoga itu pose lalu diam sejenak. Manfaatnya sama kayak akupuntur tetapi kalau yin tentu tidak menggunakan jarum," kata Nyoman Wahyuni, instruktur Yin Yoga dari Bali, saat ditemui di Yoga Club, kompleks pertokoan Greenland, Kamis (22/3/2017).

Yin yoga tidak melihat batas usia, karena gerakannya bisa menjangkau berbagai usia. Ada 12 manfaat yang bisa didapat dari yin yoga. Baik untuk paru-paru, usus besar, jantung, usus halus, perikardium yaitu selaput yang melindungi jantung, triple burner yaitu tiga sistem yang mengontrol kelenjar, lambung, limpa dan pankreas, ginjal dan kandung kemih, hati dan empedu.

Yin yoga mempunyai gerakan dasar sebanyak 30 gerakan dan bisa juga dimodifikasi dan setiap pose gerakan akan ditahan atau diam dua sampai sepuluh menit. Apakah akan terasa sakit?

"Biasanya pada pemula akan terasa sakit. Biasanya itu kesemutan, kalau kesemutan maka harus bilang ke instruktur jangan ditahan karena akan bahaya. Tetapi gerakan bisa dilatih sesuai dengan tingkat kenyamanan. Dan untuk meredakan rasa sakit bisa pakai alat bantu. Berupa bantalan atau selimut," ujarnya.

Idealnya guys, yin yoga bisa dilakukan saat malam hari sebelum tidur. Paling tidak selama 30 menit saja. Maka dengan ini akan membantu saraf agar rileks, dan tidurmu akan lebih nyenyak dan tidur juga lebih cepat. Jika tidak memungkinkan, bisa dua sampai tiga kali dalam seminggu, selama dua jam.

Apakah kalian mau mencobanya? Sangat baik untuk yang bekerja dalam tekanan stres yang berat, sehingga kamu akan merasa bisa tidur lebih cepat dan tidurnya juga lebih sempurna.

Dan ada beberapa hal yang perlu kamu ikuti dalam melakukan yin yoga, agar hasilnya lebih maksimal. Simak yuk tipsnya. (*)

Tips
Maksimalkan Yin Yoga
1. Belajar mendengarkan tubuh dan pikiran dengan cara mengatur nafas
2. Belajar menghargai keterbatasan dan kelebihan dalam melakukan pose yoga
3. Tidak melakukan pose yin yiga secara berlebihan
4. Seimbangkan antara pola aktivitas dengan pola istirahat.
5. Jujur pada diri sendiri, jangan malu atau gengsi saat kita tidak nyaman dengan posenya. (*)

Tags
Yoga
Stres
Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help