Motion

Komunitas Ziarah Kesenian Kerap Gelar Pertemuan Lintas Negara

Komunitas ini, awalnya hanya beranggotakan beberapa orang saja yang kerap mengadakan kumpul bersama untuk berbagi pengetahuan mengenai ilmu kesenian.

Komunitas Ziarah Kesenian Kerap Gelar Pertemuan Lintas Negara
ISTIMEWA

BERMULA dari rasa suka berbagi ilmu mengenai kesenian dan berkumpul sesama teman Seniman, akhirnya terbentuklah Komunitas Ziarah Kesenian (ZK) Batam.

Komunitas ZK Batam ini dibentuk pada 2015 di Malaysia. Komunitas ini, awalnya hanya beranggotakan beberapa orang saja yang kerap mengadakan kumpul bersama untuk berbagi pengetahuan mengenai ilmu kesenian.

Baik itu di bidang Puisi,Theater, Pantomim, Musik, Sastra dan sebagainya terkait kesenian. Hingga akhirnya saat ini Komunitas ZK Batam sudah beranggotakan sebanyak 26 orang seniman yang aktif dan kerap menggelar pertemuan.

Komunitas ZK ini juga sudah terbentuk di empat negara, yakni Singapura, Malaysia, Thailand dan di Indonesia sendiri, khususnya di Kota Batam. Di mana komunitas ZK dibentuk pertama di Malaysia oleh Yasin Saleh, pendiri Komunitas ZK.

"Komunitas ZK ini awalnya dibentuk Yasin Saleh di Malaysia. Kemudian terbentuk lagi di beberapa negara lain, seperti di Singapura, Thailand dan Indonesia yang berada di Kota Batam sendiri," kata Ketua Komunitas ZK Batam, Rahmanidar, Jumat (23/3/2018).

Dia juga menuturkan, bahwa komunitas ZK ini kerap melakukan pertemuan tiap tahunnya untuk menjalin silaturahmi antar komunitas ZK baik itu yang ada beberapa negara dan di Indonesia.

"Seperti yang baru diadakan di bumi perkemahan pantai Marina, Jumat (2/3) lalu. Di sana beberapa komunitas ZK yang ada di Indonesia dan di luar negeri, seperti Malaysia, Singapura dan Thailand juga turut bergabung untuk mengadakan pertemuan," katanya.

Komunitas ZK Khusus Batam juga kerap mengadakan pertemuan setiap hari Minggu malam sekitar pukul 19.00 WIB di Kantor Sekretariat ZK Batam, Ruko Karya Regency Blok A,Nomor 5 Putri Tujuh, Batu Aji, Batam.

Komunitas ZK Batam itu sendiri dibentuk sebagai media menjalin silaturahmi dan komunikasi yang baik terhadap sesama seniman yang ada di Batam.

Juga sebagai tempat berhimpunnya orang-orang yang suka berkarya dan berbagi ilmu pengetahuan di bidang seni dan sastra. Seperti bidang puisi dan pantonim, perfilman, musik dan masih banyak lagi terkait kesenian.(als)

Halaman
123
Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved