Tak Perlu Lagi Pakai Jasa Asing, BKI Sosialisasi Survei & Sertifikasi Kapal Berbendera Indonesia

Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai pelaksana survei dan sertifikasi statutoria pada kapal berbendera Indonesia menggelar sosialisasi di Batam.

Tak Perlu Lagi Pakai Jasa Asing, BKI Sosialisasi Survei & Sertifikasi Kapal Berbendera Indonesia
tribun batam
Dirut PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) Persero, Rudiyanto didampingi Ketua majelis BKI (mantan KASAL) Marsetio, Kepala Cabang Utama Klas Batam BKI, Arief Nurtjahjo saat konferensi pers di Ibis Style Hotel, Batam, Senin (26/3/2018). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai pelaksana survei dan sertifikasi statutoria pada kapal berbendera Indonesia menggelar sosialisasi di Ibis Style Hotel Batam, Senin (26/3/2018) pagi.

Sosialisasi diberikan kepada para stakeholder terkait.

Dirut PT Biro Klasifikasi Indonesia Persero, Rudiyanto mengatakan kegiatan sosialisasi ini sebagai bentuk pelaksanaan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor  249 Tahun 2018 tentang penunjukkan PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) untuk melaksanakan survei dan sertifikasi statutoria pada kapal berbendera Indonesia.

"Setelah adanya persamaan persepsi, langkah berikutnya yang diharapkan adalah dapat mengimplementasikan isi SK Menhub tersebut, baik oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, seluruh Cabang Kantor PT BKI serta seluruh instansi dan stakeholders terkait. Dan Batam termasuk menjadi tempat sosialisasi," ujarnya.

Dengan sosialisasi ini, diharapkan tidak akan terjadi lagi perbedaan pemahaman dalam menerapkan perjanjian nantinya, baik mengenai tata cara survei, sertifikasi dan  penerapan PNBP.

Baca: Grab Resmi Akuisisi Uber. Bagaimana Nasib Supir dan Konsumen? Ini yang Harus Dilakukan Mereka

Baca: Probosutedjo, Adik Kandung Mantan Presiden Soeharto Tutup Usia. Di Kota Ini Alm akan Dikebumikan

Dari 12 biro klasifikasi asing yang ada di Indonesia, delapan diantaranya itu ada di Batam.

Dia menyinggung, mengapa harus menggunakan biro klasifikasi asing, kalau ternyata yang lokal sendiri ada.

"Dan ini juga wilayah kita. Makanya dengan sosialisasi ini, diharapkan instansi terkait harus memakai biro klasifikasi Indonesia, apalagi kalau proyek kapal yang dibangunnya menggunakan anggaran pemerintah," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Anne Maria
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved