Usai Kunjungan ke Selandia Baru, Jurnalis Lokal Tuduh Jokowi tak Hormati PM Jacinda Arden

Buntut kunjungan Jokowi ke Selandia Baru menjadi perbincangan karena redaktur media negeri itu menuduh Jokowi tak menghormati PM Jacinda Arden.

Usai Kunjungan ke Selandia Baru, Jurnalis Lokal Tuduh Jokowi tak Hormati PM Jacinda Arden
BBC Indonesia
Jokowi dan PM Selandia Baru, Jacinda Arden. 

TRIBUNBATAM.id, SELANDIABARU- Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Selandia Baru sudah berlangsung 18-19 Maret lalu dengan lancar.

Namun, ternyata ada buntut perbincangan yang baru muncul setelah seorang redaktur media negeri itu menyatakan Jokowi tak menghormati PM mereka, Jacinda Arden.

Seperti yang diberitakan surat kabar NZ Herald, Minggu (25/3/2018) kemarin.

Oleh redaktur politik mereka, Audrey Young, dia menulis artikel berjudul "Visiting leaders show disrespect by failing to share platform with Jacinda Ardern" (Sikap tak hormat pemimpin (asing) yang tak mau tampil sepangung dengan Jacinda Ardern).

"Dalam persiapan kunjungan, Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan membicarakan rencana jumpa pers bersama (Jokowi) dengan PM Jacinda Ardern, namun pihak Indonesia menolak," tulis Audrey Young. (PM Jacinda) Ardern akan terlalu diplomatis untuk menyebutnya sebagai penghinaan, tapi (penolakan ) itu memang merupakan (penghinaan)," lanjutnya.

Duta Besar RI di Selandia Baru membantah mentah-mentah. Duta besar Indonesia serta merta menyangkalnya, dan mengatakan bahwa Audrey Young keliru.

Baca: Jokowi Sambut Baik Jika Australia Bergabung ke ASEAN, Kata Pengamat:Itu Cuma Tanggapan ala Jawa

Baca: Hantaman Topan Gita sampai Selandia Baru, Jalan Utama Tertutup dan Sekitar 1.000 Turis Terjebak

"Yang benar adalah keputusan untuk tidak membuat keterangan pers adalah usulan dari Kementrian Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru yang kemudian diadopsi menjadi keputusan bersama," kata Dubes Tantowi Yahya dalam pernyataan tertulis kepada media.

Menurutnya, untuk konsumsi publik hasil-hasil pertemuan akan disarikan dalam pernyataan bersama yang akan dimuat di web resmi kedua negara.

Halaman
123
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved