Long Weekend! Bukan ke Batam, Penumpang Kapal Pinang ke Lingga dan Tanjung Batu Justru Melonjak!

Mengejutkan! Bukan ke Batam, penumpang kapal pinang ke Lingga dan Tanjungbatu justru melonjak. Ini data syahbandar Sri Bintan Pura!

Long Weekend! Bukan ke Batam, Penumpang Kapal Pinang ke Lingga dan Tanjung Batu Justru Melonjak!
tribunbatam/wahib waffa
Suasana penumpang pelabuhan sri bintan pura di Tanjungpinang saat libur long weekend, Minggu (1/4/2018) 

TRIBUNBATAM.Id, TANJUNGPINANG-Hari Paskah menambah jadwal libur akhir pekan. Libur tiga hari berturut-turut sejak jumat lalu nampaknya banyak dimanfaatkan warga Tanjungpinang berliburan.

Ini terlihat dari kenaikan jumlah angka penumpang baik yang berangkat maupun yang datang di pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP).

Baca: Aa Gym Bakal Dirikan Masjid dan Pesantren di Batam, Undang Santri dari Singapura-Malaysia!

Baca: Tak Disangka! Inilah 3 Ramuan Alami Penghancur Penyakit Asam Urat! Nomor 1 Mengagetkan!

Baca: Terungkap! Inilah Rahasia Mulut dan Lidah Terasa Gatal saat Makan Nanas! Mengejutkan Sumbernya!

Baca: Terungkap! Obrak-abrik Timor Timur, Pasukan Elite TNI Pakai Kaus Oblong! Mengejutkan Penyamarannya!

Dibanding hari-hari biasa kelonjakan jumlah penumpang justru terjadi pada tujuan antar pulau. Seperti ke Tanjung Batu, Senayang Lingga, Daek Lingga, Dabo, Tanjung Batu dan Moro. Tujuan ini nampak begitu diminati masyarakat Tanjungpinang sejak hari Jumat (30/3/2018) lalu.

"Ia kalau sekarang kan puncaknya mereka pada balik. Memang kebanyakan mereka bertujuan ke antar pulau di Kepri. Antar pulau total keberangkatan sama datang ada 1526 orang," kata Sutrisno kepala Syahbandar pelabuhan SBP Tanjungpinang, Minggu (1/4/2018).

Secara rinci untuk keberangkatan pada Minggu (1/4) terdapa‎t 795 orang dan datang 731 orang. Sedangkan kapal berangkat ada 8 dan datang 6 kapal. Sutrisno menyebutkan untuk hari biasa keberangkatan paling hanya pada di angkat 800-900 penumpang datang dan pergi.

"Ia ini agak rame karena libur agak panjang jadi agak naik penumpangnya," katanya lagi.

Mereka banyak yang memanfaatkan untuk balik ke kampung halamanya yang berada di wilayah pulau-pulau untuk berjumpa dengan keluarganya. Sementara itu mereka baru kembali pada hari minggu ini.

Suasana pelabuhan sri bintan pura di Tanjungpinang saat libur long weekend, Minggu (1/4/2018)
Suasana pelabuhan sri bintan pura di Tanjungpinang saat libur long weekend, Minggu (1/4/2018) (TribunBatam/Wahib Waffa)

Lebih lanjut, untuk kapal tujuan Tanjungpinang-Batam juga terjadi kelonjakan. Namun jumlahnya tidak begitu signifikan. Hanya saja memang pemberangkatan untuk tujuan Pinang-Batam ditambah satu trip.

"‎Biasanya 21 trip. Ini ditambah menjadi 22 trip. Ya nampak satu keberangkatan saja. Tidak terlalu banyak cuman penumpang juga terlihat padat. Kalau dibanding hari-hari biasa ya pasti (long week and) ini lebih banyak," ungkapnya lagi.

‎Untuk total penumpang yang berangkat maupun datang untuk dua jenis kapal yang beroperasi yakni Baruna dan Marina ini mencapai 6769‎. Lebih didominasi para penumpang yang menggunakan Baruna sebanyak 4848 orang.

"Total untuk ke semua kapal yang beroperasi disini yang beraktifitas baik berangkat maupun datang tersapat 8295 orang. Ya kira-kira kalau hari-hari biasa sekitar 6 ribuan orang lah," tutupnya. (*)

Penulis: Wahib Wafa
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help