Mellennial

Haid Sering Telat, Bahayakah? Simak Tips Cara Mencegahnya

Secara medis, ternyata ada banyak hal yang bisa mempengaruhi penyebab terlambatnya haid seorang wanita.

Haid Sering Telat, Bahayakah? Simak Tips Cara Mencegahnya
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

DATANG bulan alias haid yang terlambat datang, tentu akan membuat kita merasa waswas dan cemas. Bagi yang sudah berkeluarga tentu tidak akan secemas Mellennials yang masih gadis dan belum berkeluarga.

Seperti yang diungkapkan Sofia Nurlatiefah. Karyawati tour & travel ini merasa sedikit cemas jika telat haid. Karena yang takut ada penyakit atau masalah lainnya.

"Terus kalau udah datang biasanya sakit perut, sakit pinggang, payudara juga sakit semua," ujarnya.
Beda lagi dengan Ista Rosalia, karyawan Princess tour and travel ini tak akan cemas jika telat haid. Karena ia merasa hal itu efek berat badannya.

"Kalau telat biasanya sih dua atau tiga hari aja. Tapi semenjak berat badan turun alhamdulillah lancar tiap bulannya," ungkapnya.

Sementara itu, Dewi Sulpikah, guru MAN IC Batam mengungkapkan, ia pernah telat datang haid hingga sebulan. Tetapi ia mencoba cara tradisional dengan makan tape sehingga ia tidak merasa sakit setelah datangnya haid.

Lantas, apa sih sebenarnya yang menyebabkan haid tak lancar?

Secara medis, ternyata ada banyak hal yang bisa mempengaruhi penyebab terlambatnya haid seorang wanita. Ada yang termasuk kategori normal dan tidak normal. Dikatakan normal biasanya karena efek setelah melahirkan atau menyusui. Dan dikatakan tidak normal jika ada gangguan hormon.

"Penyebabnya bisa berbagai hal. Mulai stres, pikiran, pola makan, hingga kelelahan. Telat datang haid yang masih ditolerir adalah telat seminggu. Kalau lebih dari itu ada baiknya periksa ke dokter," kata Hendry Liem, SpOG, spesialis kebidanan & kandungan di Rumah Sakit Awal Bros pada Senin (2/4) kepada Tribun.

Tetapi hal yang ditakutkan karena terlambat datang haid adalah kista. Salah satu penyebab kista adalah terlambat datang haid, karena kista berhubungan dengan ovarium yang berhubungan dengan hormon wanita.

"Sebenarnya ada obat perangsang cepat datang haid, tapi ada baiknya secara alami saja. Karena akibat dari konsumsi obat ini adalah ketergantungan dan telat datang haid lagi," ujar dr Liem.

Jadi hal yang perlu kita ingat adalah tanggal atau waktu kita haid, agar bisa dilihat normal atau tidaknya siklus haid. Hormon yang tidak stabil jugalah yang membuat nyeri saat haid datang. Dan biasanya haid akan tidak teratur siklusnya saat baru datang haid dan menjelang menopause.

Dengan kesehatan yang terjaga dan menjaga pola hidup sehat, kita akan menerima hasil yang baik. Mulai dari siklus haid yang lancar hingga tidak ada kecemasan karena adanya penyebab kista. (*)

Tips
Cara Cegah Siklus Haid Tak Lancar
1. Hindari stres yang berlebihan
2. Menjaga pola makan yang sehat
3. Tidur yang cukup
4. Rutin periksa ke dokter kandungan. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved