Mustika Rasa

Kebab ala Batam, Makin Nikmat Disiram Saus Lima Rasa

Kebab Batam menggunakan daging yang diolah sendiri. Jika biasanya menggunakan daging giling, tetapi kebab ini pakai daging yang diiris tipis.

Kebab ala Batam, Makin Nikmat Disiram Saus Lima Rasa
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

KEBAB, makanan yang populer di daerah Timur Tengah ini sekarang sangat mudah ditemui di Batam. Hanya saja, kebab di Batam sedikit berbeda dengan kebab Turki, terutama dalam penggunaan topping daging sapinya.

Kebab Batam menggunakan daging yang diolah sendiri. Jika biasanya menggunakan daging giling, tetapi kebab Batam menggunakan daging yang diiris tipis.

"Kalau digiling tidak terasa makan dagingnya, tapi kalau dipotong dan diolah sendiri akan terasa makan dagingnya. Selain itu, bumbunya juga kaya rempah jadi cocok dengan lidah orang Batam," kata Ade Juwita, owner Kebab Batam Natasha di Lapak Deret Kuliner, Kompleks pertokoan KBC, KDA, Batam Centre.

Untuk menambah citarasa kebab, digunakanlah lima jenis saus di dalamnya. Mulai saus sambal, saus tomat, mayonaise, mustard, dan saos blackpepper. Dan kurang lebih seperti burger, dalam kebab juga ada sayuran seperti kol ungu, timun, tomat, bawang bombai, dan letus.

Sebagai penambah rasa nikmat dalam makan kebab, juga bisa ditambahkan keju di dalamnya. Keju juga bisa disesuaikan selera masing-masing. Bisa menggunakan keju parut, keju lembaran, atau keju mozarella.

"Untuk tortila ada yang dijual mentah, ada juga yang setengah matang, tapi lebih baik pilih yang setengah matang. Dan di-grill lagi biar matang sempurna," ujar Ade yang akan buka stand di Ocarina ini.

Agar mendapatkan tekstur daging yang empuk, rendamkan daging dengan yoghurt selama sejam. Karena yoghurt membuat daging menjadi lembut. Bukan itu saja, sebelum di-grill, daging perlu diungkap terlebih dahulu.

Dalam satu gigitan kebab, akan terasa rempahan daging, juicy dari saos, serta crunchy sayuran segar yang digunakan. Tidak hanya itu, penggunaan keju di dalamnya membuat kebab semakin terasa gurih. (*)

Resep Kebab Batam
Resep:
1 kg daging sapi, potong tipis
3 sachet ketumbar bubur
1 sachet lada hitam bubuk
8 siung bawang putih
Kapulaga secukupnya
250 ml yoghurt
Madu secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
250 gram cabai setan
Tortila secukupnya

Pelengkap:
1 butir telur
Kol ungu
Timun
Tomat
Letus
Saos tomat
Saos sambal
Mustard
Mayonaise
Saus blackpepper
Keju mozarela

Cara pembuatan:
1. Haluskan bawang putih dan cabai setan. Masukan ke dalam potongan daging bersama dengan ketumbar, lada hitam, yoghurt, madu, dan penyedap rasa. Aduk rata, diamkan sejam
2. Setelah sejam, ungkap daging hingga bumbu meresap.
3. Setelah diungkap dan dingin, daging bisa di-grill
4. Grill tortila hingga rata. Sisihkan
5. Kocok lepas telur dan masak hingga matang. Letakan telur dibatas tortila
6. Letakan potongan kol ungu, tomat, timun, dan letus.
7. Letakan di atasnya potongan daging, tuang secara merata kelima sausnya
8. Panaskan mozarela, setelah meleleh. Tuangkan mozarela di atasnya
9. Tutup isi dalam kebab dengan sisi-sisi tortilanya. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help