Resmi Beroperasi Layani Warga Tanjungpinang, Inilah Tarif Langganan Air SWRO Batu Hitam!

Resmi beroperasi layani warga Tanjungpinang, ini tarif langganan SWRO Batu Hitam!

Resmi Beroperasi Layani Warga Tanjungpinang, Inilah Tarif Langganan Air SWRO Batu Hitam!
tribunbatam/munirul ikhwan
Suasana peresmian operasional SWRO Batu Hitam, Selasa (3/4/2018) 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-SWRO Batu Hitam akan dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang melalui UPTD Air Minum.

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Riono mengaku bangga dan bahagia dengan dioperasikannya SWRO. Pasalnya hal tersebut bisa membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang terkait dengan air minum.

Baca: SWRO Batu Hitam Resmi Beroperasi! Mengejutkan Inilah SWRO Terbesar Bikinan Kementerian PU!

Baca: Mengenal Kopaska! Pasukan Elite TNI AL Berjuluk Hantu Laut! Begini Sejarah Topeng Tengkoraknya!

Baca: Heboh! Penampakan Misterius 5 Buaya Muara di Waduk Gesek! Ini Pengakuan Petugas Waduk!

Baca: Mengejutkan! Kumis Kucing Ini Bisa Hancurkan Penyakit Asam Urat! Begini Bikin Ramuannya!

"Pendistribusiannya lebih dikhususkan untuk masyarakat pesisir atau pelantar yang aksesbilitas dan keterjangkauan ketersediaan air minum yang layak konsumsi cukup terkendala permasalahan teknis," katanya usai launching, Selasa (3/4/2018).

Sampai saat ini, SWRO tersebut sudah terhubunng 2.825 unit sambungan rumah tangga. Mereka tersebar di tiga zona yakni Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kecamatan Tanjungpinang Kota dan Kecamatan Bukit Bestari.

Adapaun jaringan distribusi utama untuk perpipaan juga dikembangkan ke beberapa wilayah yaitu Kampung Baru, Jalan Soekarno Hatta, Batu Hitam dan Jalan Wiratno.

Dia berharap dengan beroperasinya SWRO ini diharapkan adanya penambahan tingkat pelayanan air bersih khususnya di Kota Tanjungpinang yang selama ini dilayani oleh PDAM Tirta Kepri sehingga waduk Sei Gesek dan waduk Sei Pulai juga dapat dioptimalkan untuk melayani kawasan pelayanan di Tanjungpinang bagian timur.

Dia berharap pelanggaan SWRO bisa semakin banyak. Sehingga diharapkan tarif akan semakin murah. Oleh karena itu, siapa saja yang ingin menjadi pelanggan baru bisa langsung ke gedung operasional SWRO Batu Hitam. Namun mereka yang bisa mendaftar tentu yang dilewati jalur pipa distribusi.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang Hendry menjelaskan tarif perkubik untuk pengguna rumah tangga Rp15.500. Kemudian untuk keperluan niaga RP 25.000, Industri Rp31.000 dan untuk keperluan sosial Rp12.000 per kubik.

Sedangkan untuk pemasangan baru rumah tangga dikenakan biaya 750 ribu, sosial 500 ribu, niaga Rp1,250 juta dan industri Rp1,5 juta.

Sebelum resmi di launching, SWRO ini sudah dilakukan uji coba selama beberapa bulan. Saat uji coba air diberikan secara geratis. (*)

Tags
SWRO
tarif
Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help