Terancam Lumut Ini, PDAM Tirta Kepri Segera Sterilkan Waduk Gesek! Ini Alasannya!

Terancam lumut pekat dan sampah platis, PDAM Tirta Kepri segera menyeterilkan waduk gesek. Begini tujuannya!

Terancam Lumut Ini, PDAM Tirta Kepri Segera Sterilkan Waduk Gesek! Ini Alasannya!
tribunbatam/aminnudin
Petugas PDAM Tirta Kepri sedang memantau kondisi air waduk Gesek di Kelurahan Toapaya Asri, Selasa (3/4/2018) 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri menegaskan, telah berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV di Batam untuk menormalisasi kondisi waduk Gesek.

Normalisasi dimaksud adalah pembersihan waduk dari lumut pekat, sampah plastik yang tidak ramah lingkungan atau dalam istilah teknisnya mensterilkan kembali air.

Baca: Hebohkan Anambas! Ngaku Petugas PLN, Pasang Pelindung Meteran Lantas Minta Uang Ratusan Ribu!

Baca: Tajir dan Berlimpah Kekayaan, Siapa Sangka Rumah Penyanyi Dangdut Ini Kondisinya Memprihatinkan!

Baca: Terungkap! Obrak-abrik Timor Timur, Pasukan Elite TNI Pakai Kaus Oblong! Mengejutkan Penyamarannya!

Baca: Terungkap! Inilah Honor Menjadi Peran Pengganti Adegan Panas di Film Era 1990-an! Begini Syutingnya!

Pantauan Tribun bersama petugas PDAM sub divisi Waduk Gesek, Selasa, sejumlah lumut pekat terlihat mengambang di air. Beberapa area ditemukan sejumlah sampah plastik seperti botol air mineral,

produk kemasan. Belum diketahui dari mana sampah tersebut berasal. Padahal di lokasi sudah dipasang plang bertuliskan larangan membuang sampah.

"Untuk informasi yang bisa kita sampaikan, kita sudah berkoordinasi dengan BWS (Balai Wilayah Sungai) yang ada di Batam. Sementara ini mereka sudah ada program untuk OP (Operasi dan Penyiaran),

kita menunggu waktunya akan ada pekerjaan mau operasi pembersihan," kata Kasubag Produksi PDAM Tirta Kepri Budiyanto kepada TribunBintan.com, Selasa (3/4/2018) di lokasi waduk.

Pasca koordinasi, tim BWS Sumatera IV akan turun mensurvei kondisi waduk Gesek terkini. Setelah survei, BWS akan menyusun schedule atau jadwal normalisasi waduk.

Terkait keberadaan lumut pekat dan sampah plastik yang berserak di waduk, PDAM kata Budiyanto selaku operator pelayanan air minum, memastikan kondisi air yang diterima pelanggan dari waduk gesek dipastikan aman.

waduk gesek
waduk gesek ()

Air yang diterima dari waduk gesek telah melalui tahapan filter dan pengolahan intensif. Sehingga dijamin tetap berkualitas dan higienis untuk dikonsumsi masyarakat.

"PDAM selaku operator pelayanan, walaupun kondisi air (waduk) seperti ini kita tetap melalui proses pengolahan. Jadi air kita olah menggunakan beberapa bahan, lalu kita filter, kita saring, kemudian diberikan bahan pembersih lalu kita distribusikan ke pelanggan,"kata Budi.

Jadi dipastikan Budi, air yang terdistribusi ke rumah pelanggan sudah dalam proses penyaringan ke tanki sehingga kadarnya berkualitas dan cukup higienis. PDAM kata dia berkomitmen menghadirkan produk air terbaik bagi masyarakat. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved