Waduh, Jarum Tertinggal di Area Vital Ibu Melahirkan. Kepala Puskesmas: Itu Lazim!

Menurut Puji, dalam istilah medis, kondisi itu biasa disebut Corpal (Corpus Alienum) atau benda asing yang tertinggal dalam tubuh

Waduh, Jarum Tertinggal di Area Vital Ibu Melahirkan. Kepala Puskesmas: Itu Lazim!
Tribun Batam/ Istimewa
Ilustrasi Ibu Hamil

TRIBUNBATAM.ID, CEPU - Kepala UPTD Puskesmas Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, dr Puji Basuki membenarkan bahwa ada benda yang tertinggal di area vital pasien persalinan normal, Sunti Suprapti (24).

Namun, menurut dia, jarum yang tertinggal saat digunakan bidan berinisal G untuk menjahit robekan jalan lahir itu tidak patah, melainkan utuh.

"Jadi jarum tidak patah melainkan terlepas. Jarum utuh," kata Puji, Senin (2/4/2018).

Menurut Puji, dalam istilah medis, kondisi itu biasa disebut Corpal (Corpus Alienum) atau benda asing yang tertinggal dalam tubuh, misalnya pasien dengan luka tertusuk jarum di jari tangan dengan patahan jarum tertinggal dalam tubuh.

"Itu lazim terjadi sesudah persalinan. Kadang tertinggal benang juga. Tapi untuk kasus persalinan, ini baru yang pertama," katanya.

Meski demikian, pihaknya sudah bekerja sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk penanganan persalinan normal.

Untuk kasus ini, mereka segera mengupayakan tindakan rontgen serta rujukan operasi ke Rumah Sakit Umum (RSU) Cepu.

"Jadi tidak ada pembiaran di rumah sakit. Langsung ada penanganan. Kami monitoring 40 hari pasien setelah persalinan. SOP-nya memang begitu. Semua dalam koridor persetujuan dan melakukan edukasi kepada pasien. Jadi tidak ada pemaksaan," ujarnya.

Puji pun membantah bahwa rujukan rontgen di klinik kesehatan di Cepu serta rujukan operasi di RSU Cepu dilakukan secara paksaan maupun sembunyi-bunyi.

"Itu adalah bagian simulasi besar kami. Jadi bukan secara diam-diam. Kami tidak menyita handphone pasien, tapi baterainya drop dan meminta tolong untuk dicharger," tuturnya.

Halaman
1234
Editor: dwie sudarlan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help