Motion

WOW! Masih SMK, Anggota Komunitas Ini Sudah Hasilkan Ratusan Juta

Luar biasa. Kata ini patut disematkan bagi siswa SMK yang mampu menghasilkan ratusan juta rupiah hanya dalam waktu setahun.

WOW! Masih SMK, Anggota Komunitas Ini Sudah Hasilkan Ratusan Juta
TRIBUNBATAM/WAHIB WAFFA

BUKAN hal yang mustahil menjadi pengusaha di usia muda. Semua impian tersebut bisa terwujud asalkan memiliki niat dan ketekunan.

Tinggal bisa atau tidak menyesuaikan waktu untuk menjalankan usahanya dengan jadwal belajar. Jangan malah menghabiskan waktu tanpa memperhatikan kewajibanya untuk belajar.

Seperti yang dilakukan sekelompok anak SMK N 1 Tanjungpinang dalam komunitas Wirausaha. Berjumlah 59 siswa siswi ini bisa jadi contoh yang baik untuk siswa lainnya. Kemandiriannya membentuk karakter anak yang berani dalam membidik peluang. Karena tak semua peluang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh anak di usia remaja.

Mereka terkadang masih menghabiskan waktu untuk bermain dengan teman sebayanya. Namun apa yang dilakukan oleh remaja kelompok wirausaha SMK N 1 Tanjungpinang ini pantas untuk diapresiasi.

Bagaimana tidak, penghasilan mereka dalam menggeluti usahanya mengalahkan gaji orang dewasa pada umumnya.

Kelompok wirausaha anak ini membuka usaha yang beragam. Mulai online shop, jual makanan hingga jualan minyak rambut melalui online.

Omsetnya pun luar biasa. Tercatat ada 10 nama siswi dalam komunitas bimbingan pencetak wirausaha mendapatkan keuntungan yang sangat fantastis. Dari angka belasan juta hingga ratusan juta rupiah.

Di antaranya Sri Rahayu yang bergerak di jualan online dan Adelwin yang berjualan makanan ringan khas Jepang di kompleks kuliner Rimba Jaya. Sri Rahayu mampu meraup omset Rp 314 juta dan Adelwin dengan omsetnya Rp 54 juta per tahun.

"Dalam kelas wirausaha ini saya mendapatkan omset Rp 25 juta hingga Rp 30 juta selama 6 bulan. Saya berjualan dengan membuka stand di Rimbajaya. Saya bisa melakukan ini karena selain didukung keluarga, guru saya juga memotivasi saya," kata Adelwin saat ditemui di sekolahnya beberapa hari lalu.

Ia sendiri telah melakukan usaha tersebut sejak satu tahun yang lalu. Saat ini, ia bersama rekan kelompok wirausaha di SMKN 1 Tanjungpinang terus mengembangkan kreasinya dalam menciptakan inovasi kreatifnya.
Adelwin juga berpesan pada para pemuda lainnya untuk tidak ragu memulai sebagai wirausaha.

Halaman
123
Penulis: Wahib Wafa
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved