12 Gerbong MRT dari Jepang Sampai di Priok, Besok Dikirim ke Lebak Bulus Pakai Cara tak Biasa Ini

Dijadwalkan pengiriman kereta dari Tanjung Priok ke Depo MRT di Lebak Bulus akan berlangsung hingga Minggu (8/4).

12 Gerbong MRT dari Jepang Sampai di Priok, Besok Dikirim ke Lebak Bulus Pakai Cara tak Biasa Ini
WARTAKOTA
Pekerja terus megerjakan proyek pembangunan transportasi massal Mass Rapid Transit (MRT) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2017). Pembangunan konstruksi MRT Fase II (Bundaran Hotel Indonesia-Kampung Bandan) menelan anggaran lebih mahal dibandingkan Fase I (Lebak Bulus-Bundaran HI). Pembangunan Fase II mencapai Rp 2,7 triliun per kilometer. Sementara pada MRT Fase I, biaya pembangunan konstruksi per kilometernya hanya menghabiskan Rp 1 triliun. 

TRIBUNBATAM.id,  JAKARTA- Sebanyak dua rangkaian kereta Mass Rapid Transit(MRT) tiba di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara Rabu (4/4/2018) pagi tadi.

Masing-masing rangkaian itu terdiri dari enam gerbong kereta. 

Kedua rangkaian kereta yang baru tiba itu merupakan kereta baru buatan perusahaan kereta api asal Jepang, Nippon Sharyo.

Setelah tiba, kereta tersebut akan dikirimkan ke Depo MRT di Lebak Bulus pada Kamis, (5/4) esok.

Proses pengiriman akan dilakukan pada malam hari mulai pukul 22.00-05.00 WIB.

Dijadwalkan pengiriman kereta dari Tanjung Priok ke Depo MRT di Lebak Bulus akan berlangsung hingga Minggu (8/4).

Baca: 12 Gerbang Kereta Api MRT Siap Pakai Didatangkan dari Jepang, Maret Ini Sampai Tanjung Priok

Baca: VIDEO: Panduan Menggunakan Kereta Api di Bandara Soekarno-Hatta yang Nyaman dan Anti-Macet

Sekretaris Korporat MRT Jakarta, Tubagus Hikmatullah mengatakan, pengiriman gerbong MRT akan dilaksanakan malam hari guna mengurangi kepadatan lalu lintas yang ditimbulkan.

Menurutnya, untuk memastikan pengiriman berjalan lancar, PT MRT Jakarta telah melakukan beberapa uji coba dan simulasi sejak Februari lalu.

Proses pengiriman kereta-kereta tersebut akan menggunakan multi-axe trailer.

Setelah pengiriman 12 gerbong kereta MRT ini selesai, pengiriman selanjutnya akan dilakukan pada akhir Juni dengan jumlah 14 gerbong, sehingga ada 16 gerbong kereta kereta MRT yang didatangkan oleh PT MRT Indonesia.

“Ditargetkan akhir Oktober seluruh 16 set rangkaian kereta MRT Jakarta akan tiba di Jakarta dan disiapkan untuk mengikuti rangkaian proses trial run,” ujar Hikmatullah dalam keterangan resmi diterima Kontan.co.id, Rabu (4/3).

Dari 16 kereta yang akan disediakan, nantinya kereta yang akan dioperasikan sebanyak 14 kereta. Sedangkan dua kereta akan menjadi kereta cadangan.

“MRT Jakarta akan beroperasi pada pukul 05.00 WIB-24.00 WIB dengan rentang waktu antar kereta lima menit pada jam sibuk,” ujar Hikmatullah. (kontan/Sugeng Adji Soenarso) 

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved