Pemkab Anambas Bakal Bikin Kapal Penghubung Pulau, Desain Kapal Masih Mengganjal!

Pemkab berencana membikin kapal penghubung tiga pulau besar di Anambas. Desain kapal dan penempatan mesin masih menjadi ganjalan! Ini alasannya!

Pemkab Anambas Bakal Bikin Kapal Penghubung Pulau, Desain Kapal Masih Mengganjal!
tribun batam
Ilustrasi perairan Kabupaten Anambas 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-Kapal penghubung tiga pulau besar bakal dibangun lagi di Anambas. Sebagai langkah awal, konsultan perencanaan pun telah mempresentasikan pembuatan kapal itu.

Meski demikian, Kepala dinas perhubungan dan lingkungan hidup Kabupaten Kepulauan Anambas mengakui terdapat kendala yang masih mengganjal dalam merealisasikan kapal penghubung itu.

Baca: Heboh! Omongannya Dipotong Fadli Zon, Begini Jawaban Cerdas Mahfud MD!

Baca: Sempat Jadi Pergunjingan Nasional, Goyangnya Terkenal. Inilah 4 Ladang Harta Pedangdut Zaskia Gotik!

Baca: Heboh! Penampakan Misterius 5 Buaya Muara di Waduk Gesek! Ini Pengakuan Petugas Waduk!

Baca: Mengenal Kopaska! Pasukan Elite TNI AL Berjuluk Hantu Laut! Begini Sejarah Topeng Tengkoraknya!

Salahsatunya, bentuk kapal dan penempatan mesin yang diakuinya berdampak pada jumlah kursi penumpang. "Presentasinya sudah kami lakukan pada Selasa (3/4/2018) kemarin. Ada dua opsi memang yakni pada penempatan mesin kapal.

Kalau posisi mesin di luar, tentunya akan berdampak pada jumlah kursi yang mengalami kekurangan. Sementara, kalau mesin dalam, memang lebih bagus terlebih saat musim laut sedang kurang kondusif. ‎Hanya saja, anggaran yang tersedia tidak mencukupi untuk itu," ujarnya Rabu (4/4/2018).

Presentasi yang dilakukan antara konsultan perencanaan dengan Dinas perhubungan dan lingkungan hidup Kabupaten Kepulauan Anambas Selasa (3/4/2018). OPD teknis ini, rencananya akan membangun kapal penghubung antar pulau besar yang ada di Anambas. Sebelumnya, Anambas memiliki kapal Sri Siantan yang digadang-gadangkan menjadi penghubung antar pulau di Anambas
Presentasi yang dilakukan antara konsultan perencanaan dengan Dinas perhubungan dan lingkungan hidup Kabupaten Kepulauan Anambas Selasa (3/4/2018). OPD teknis ini, rencananya akan membangun kapal penghubung antar pulau besar yang ada di Anambas. Sebelumnya, Anambas memiliki kapal Sri Siantan yang digadang-gadangkan menjadi penghubung antar pulau di Anambas (Tribun/istimewa)

Ia menjelaskan, alokasi dana untuk merealisasikan hadirnya kapal penghubung ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi sebesar Rp 4,5 miliar. Sesuai rencana, jumlah kursi yang ada pada kapal itu mencapai antara 24 hingga 30 kursi.

Nurman pun memprediksi kalau biaya operasional yang harus dikeluarkan mencapai tiga juta Rupiah untuk satu kali beroperasi. Pengelolaan pun, akan diserahkan kepada pihak lain di luar pemerintah seperti koperasi.

"Untuk harga tiket nanti juga perlu menjadi pertimbangan. Artinya, perlu juga dibuat agar harga tiketnya mudah dijangkau oleh masyarakat," jelasnya. Selain kapal ferry, terdapat ferry desa dan kapal speed yang menjadi andalan masyarakat untuk bisa sampai ketiga pulau besar ini.

Pemerintah Daerah pun, sebelumnya memiliki kapal penghubung antar pulau yakni kapal Sri Siantan yang saat ini sudah lama tidak beroperasi. ‎Kapal berbahan kayu itu, dibuat di daerah Sulawesi dengan menggunakan alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diharapkan dapat menghubungkan konetivitas antar pulau di Anambas. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help